Cara Mencairkan Daging Beku: Rendam Air Hingga Pakai Microwave

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 14 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Daging beku yang tersimpan lama di kulkas bisa mudah dicairkan dengan cepat memakai rendaman air, atau menggunakan microwave.
tirto.id - Di masa pandemi virus corona atau COVID-19 ini, masyarakat dipaksa untuk mengurangi frekuensi keluar rumah termasuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Bila kebanyakan orang berbelanja bahan masakan 3 hari sekali pada masa normal, saat ini hal itu sebaiknya tidak dilakukan. Selama pandemi masih belum mereda, masyarakat dianjurkan keluar rumah untuk berbelanja cuma sekali dalam sepekan, atau bahkan lebih jarang lagi.

Pola seperti itu mengharuskan masyarakat berbelanja bahan makanan dengan jumlah yang lebih banyak untuk persediaan selama beberapa hari. Sebagian bahan makanan tentu harus disimpan di kulkas agar tidak mudah membusuk.

Salah satu bahan makanan yang wajib disimpan di kulkas agar tahan lama adalah daging. Daging harus dibekukan untuk menjaga keawetan dan kesegarannya.

Namun, sebagian orang mungkin kewalahan ketika berurusan dengan daging beku. Sebab, ketika akan mengolahnya, butuh waktu lama mencairkan daging beku agar kembali ke tekstur awal.

Meski demikian, sebenarnya ada cara praktis dan tidak memerlukan waktu lama untuk mencairkan daging beku. Dikutip dari laman Kreasi Sasa dan LA Times, berikut detail cara mencairkan daging beku dengan praktis.

1. Merendam dengan air

Daging beku menjadi sangat keras dan sulit untuk diolah. Sementara itu, merendamnya dengan air dapat mempercepat proses pencairannya.

Caranya adalah dengan menuangkan air biasa dalam sebuah wadah yang cukup besar. Kemudian, rendam daging beku di dalamnya dan tunggu hingga mencair untuk kemudian dimasak.

Tips lainnya dalam mempraktikkan metode ini adalah dengan merendam daging beku dengan air dingin dalam loyang atau mangkok yang dalam. Rendam daging tersebut dengan menggunakan air dingin hingga seluruh bagian daging terendam, dan diamkan selama 30 menit.

Setelah itu, tuang air rendaman. Lalu, isi ulang wadah dengan air baru memakai cara yang sama. Ulangi langkah-langkah tersebut hingga daging mencair. Dengan cara ini, rata-rata butuh waktu sekitar satu jam untuk mengembalikan satu pon daging beku ke tekstur normal.

2. Panaskan dengan microwave

Sebelum memanaskan daging beku dengan microwave, pastikan untuk melepas kemasannya, baik yang berupa foam ataupun plastik. Hal ini untuk mencegah daging terkontaminasi bahan kimia.

Tempatkan daging beku dalam wadah yang tahan panas, lalu masukkan ke microwave. Kemudian nyalakan microwave. Perhatikan suhu microwave dan durasi waktunya. Sebab, apabila terlalu lama berada di microwave, daging justru akan matang.

Setelah daging mencair, Anda dapat langsung memasaknya menjadi berbagai olahan masakan yang nikmat untuk disantap bersama keluarga.

3. Keluarkan dari freezer

Apabila tidak terburu waktu, Anda bisa mencairkan daging beku dengan memindahkan bahan ini dari freezer ke bagian kulkas yang lain. Taruh daging ke dalam loyang yang dangkal.

Biasanya, daging akan mencair dengan sendirinya. Untuk daging seberat 2 pon, umumnya akan mencair setelah satu hari. Sedangkan untuk daging dengan berat 3-4 pon baru mencair setelah 3-4 hari dipindari freezer, dan seterusnya.


Baca juga artikel terkait DAGING atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi, Addi M Idhom
Penulis: Dinda Silviana Dewi

DarkLight