Cara Memperkecil Ukuran foto CPNS 2019 di Pixlr Express Jadi 200 Kb

Oleh: Ibnu Azis - 18 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara kompres file foto JPG/JPEG scan dokumen CPNS 2019 menjadi 200 Kb menggunakan Pixlr Express.
tirto.id - Pemerintah telah membuka pendaftaran CPNS 2019 secara online melalui portal SSCASN BKN sejak 11 November lalu. Salah satu dokumen persyaratan CPNS 2019 adalah foto yang memiliki ukuran tertentu.

Sebagaimana dijelaskan BKN melalui laman FAQ di situs web SSCASN, persyaratan dokumen CPNS 2019 terkait foto terdiri dari dua hal, yakni swafoto dan pas foto dalam bentuk scan. Artinya, foto ini bukan dalam bentuk file orisinal.

Berikutnya, baik file pas foto maupun swafoto yang dalam bentuk scan itu harus dalam format JPG/JPEG dengan ukuran maksimal 200 Kb. Dengan kata lain, sistem di SSCASN BKN akan menolak bila scan dokumen foto pelamar melebihi kapasitas yang dipersyaratkan.


Di internet, tersedia beragam tool daring untuk memudahkan mengecilkan ukuran foto dalam format JPG/JPEG salah satunya situs web Pixlr Express. Cara penggunaan tool editing di situs web ini cukup mudah, selengkapnya sebagai berikut:

  1. Buka situs web Pixlr Express yang beralamat di pixlr.com/express
  2. Sebagai informasi, Pixlr Express mewajibkan akses flash di peramban. Izinkan akses itu jika muncul notifikasi. Lalu, klik kanan mouse untuk mengaktifkan
  3. Setelah situs web Pixlr Express terbuka, klik menu Browse yang letaknya paling kiri di kotak yang tersedia
  4. Lalu, pilih file foto yang ingin dikecilkan
  5. Berikutnya, klik menu Save yang terletak di pojok kiri atas
  6. Selanjutnya, geser bar ke kiri di menu Quality berukuran 200 Kb sesuai aturan scan dokumen dari BKN. Jika sudah klik Save
  7. Berikutnya, muncul opsi simpan di folder komputer dan beri nama dokumen itu. Klik Save untuk download dan menyimpan
  8. Selesai

Cara di atas bisa diterapkan tak hanya untuk mengecilkan file ukuran scan pas foto dan scan swafoto tetapi juga file scan KTP. Untuk format file-nya bisa JPG atau JPEG, tetapi ukurannya wajib maksimal 200 Kb.

Satu alasan pasti mengapa file scan dokumen di atas harus berukuran tak terlalu besar agar proses unggah ke portal SSCASN BKN dapat berlangsung dengan cepat. Selain scan foto dan scan KTP, BKN juga mewajibkan ukuran maksimal untuk file PDF.

Masih dari informasi yang dijelaskan di laman FAQ SSCASN, dokumen yang dimaksud ialah scan surat lamaran (maksimal 300 Kb), scan ijazah + Serdik/STR (maksimal 800 Kb), scan transkrip nilai (maksimal 500 Kb), dan scan dokumen pendukung lainnya (maksimal 800 Kb).

Untuk memperkecil ukuran scan dokumen PDF ini bisa memanfaatkan tool online dari situs web Small PDF. Di situs web itu, kompres scan dokumen PDF bisa mencapai 800 Kb hingga 300 Kb sesuai kebutuhan ukuran yang disyaratkan oleh BKN.


Baca juga artikel terkait CPNS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight