Cara Memilih Kasur yang Tepat untuk Tempat Tidur Nyaman

Kontributor: Ilham Choirul Anwar - 29 Des 2020 16:45 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Bagaimana cara memilih kasur yang tepat untuk tempat tidur? Ada beberapa faktor yang membuat kasur nyaman buat tidur.
tirto.id - Memilih kasur yang tepat penting karena kenyamanan tidur bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Pasalnya, pada saat tidur, kasur ikut menentukan bentuk postur tubuh.

Kasur yang baik untuk tempat tidur setidaknya harus dapat menopang postur tubuh dengan benar agar terhindar dari nyeri punggung bawah. Posisi tubuh yang tidak benar saat tidur dapat memicu beragam masalah ketidaknyamanan ketika bangun.

Mengutip laman Sleep, ketidaknyamanan dalam tidur akibat salah pilih kasur dapat menyebabkan kelelahan, perubahan suasana hati, konsentrasi berkurang, hingga durasi waktu istirahat yang tak cukup. Berbagai efek negatif itu muncul akibat dari penurunan kualitas tidur.


Faktor Kelayakan Kasur

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan dalam memiliki kasur. Selain faktor posisi tidur yang benar, kekencangan dan ketebalan kasur pun perlu diperhatikan.

Sementara apabila tempat tidur dipakai untuk lebih dari satu orang, pemilihan ukuran juga harus dipertimbangkan. Tentu saja, soal isi kantong juga menjadi pertimbangan lain.


Seseorang mungkin perlu kasur baru apabila saat bangun pagi mengalami nyeri punggung bawah. Nyeri ini umumnya baru hilang setelah melakukan peregangan dalam 15-30 menit.

Ternyata, salah satu faktor yang memicu nyeri punggung bawah adalah lunak-kerasnya kasur yang dipakai sebagai tempat tidur.

Menurut dr. Arya Nick Shamie, profesor ahli bedah ortopedi dan beda saraf di Santa Monica UCLA Medical Center, alas tidur yang baik mampu menopang tubuh dalam posisi netral atau terlentang secara benar, demikian dikutip dari laman WebMD.

Dalam posisi netral itu, tulang belakang mendapatkan kelengkungan yang sesuai dan menyokong pantat, tumit, bahu dan kepala secara benar.

Namun, apabila kasur terlalu keras, ia akan menekan titik-titik utama sehingga postur tubuh keluar dari posisi sejajar. "Jika terlalu lunak, titik-titik tekanan itu tidak akan tertopang dengan baik, jadi seluruh tubuh jatuh ke belakang," kata dr. Arya.


Jadi, kasur yang terlalu lunak atau keras sama-sama tidak baik untuk kualitas tidur. Kasur harus memiliki sisi pertengahan sehingga mampu menopang tubuh sesuai postur yang benar.

Hanya saja, orang yang memiliki masalah nyeri punggung bawah berkepanjangan, mungkin lebih baik memakai kasur agak keras.

Cara Pilih Tempat Tidur yang Tepat Sesuai Jenis Kasur

Apa pun jenis kasur yang hendak dibeli, para ahli menyarankan agar mengujinya langsung di toko. Caranya dengan berbaring di setiap kasur yang ditawarkan. Lantas tempatkan tubuh di posisi yang paling sering dilakukan seperti terlentang, tengkurap, atau miring. Habiskan waktu sekitar 10-15 menit untuk mencoba berbaring di kasur yang akan dibeli.

Selain itu, tidak perlu malu untuk membawa bantal sendiri. Tujuan mencoba kasur baru di toko yaitu melakukan simulasi agar didapatkan sensasi kenyamanan sebenarnya. Dengan begitu, kasur yang dipakai untuk tempat tidur sesuai postur tubuh bisa didapatkan.


Perlu dicatat pula, kasur pun memiliki masa kadaluarsa. Setelah 10-15 tahun pemakaian, biasanya kualitas kasur akan menurun dan tidak lagi nyaman untuk menopang tubuh saat tidur. Makin lama, kasur juga menjadi tempat hidur tungau, debu, jamur, dan kuman lain yang bisa memicu alergi.

Ada banyak pilihan jenis kasur. Di antaranya adalah berikut.

1. Kasur innerspring

Kasur jenis ini memiliki pegas koil secara menyeluruh dan setiap koil tertutup satu per satu. Kasur ini kencang, lembut, dan umumnya cocok dipakai semua orang. Bagi yang memiliki masalah nyeri punggung bawah, dapat memilih tipe yang lebih kencang pegasnya.

2. Kasur memory foam

Kasur ini terbuat dari busa lapis dengan kepadatan berbeda saat merespons berat dan suhu. Kasur ini dikenal nyaman karena cekungannya saat dipakai akan menyesuaikan bentuk spesifik tubuh.

Bahan kasur memory foam juga bisa menyerap gerakan anggota tubur sehingga tidak terasa saat salah satunya hendak turun dari kasur. Namun, karena busa memori bersifat menyerap suhu, jenis ini bisa terasa lebih hangat saat ditiduri. Kadang, busanya memiliki aroma kurang menyenangkan.

3. Kasur lateks

Bahan kasur jenis lateks adalah karet alami atau sintetis dan dapat menyangga tubuh cukup kuat. Goyangannya seragam di seluruh area tempat tidur. Hanya saja, kasur lateks tidak cocok bagi yang suka jenis alas tidur lunak.

4. Kasur udara

Kasur udara sedang marak belakangan, yang memiliki penopang tubuh berupa udara di tengahnya. Kasur udara telah lama dipakai untuk pasien dengan cedera sumsum tulang belakang yang harus berbaring untuk jangka waktu lama. Akan tetapi, kasur jenis ini bisa jadi tidak nyaman karena tak sekokkoh 3 tipe di atas.

Baca juga artikel terkait TIDUR atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom

DarkLight