Cara Memijat Payudara Agar Produksi ASI Lebih Lancar

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 11 Maret 2020
Setelah melakukan pemijatan, bersihkan payudara menggunakan air hangat kemudian bisa memompa ASI atau menyusui anak secara langsung.
tirto.id - Air susu ibu (ASI) merupakan asupan utama bayi yang baru lahir. Namun pada beberapa kondisi ASI kadang tidak lancar sehingga asupan utama bayi berkurang.

Faktor tidak lancaranya produksi ASI di antaranya karena stres, efek samping obat, kurang istirahat, adanya sumbatan pada saluran ASI, serta pola makan yang tidak teratur dan seimbang.

Cara aman untuk melancarkan ASI salah satunya adalah teknik pemijatan payudara yang bisa dilakukan sendiri di depan cermin atau bisa juga dilakukan oleh suami dengan teknik yang benar.

Pemijatan membuat peredaran darah berjalan lancar dan mengurai kelenjar susu yang mengendap di saluran ASI dalam payudara. Pijat payudara juga dapat meredakan pembengkakan yang umum terjadi pada ibu menyusui dan membuat tubuh ibu lebih rileks serta mudah dalam memberikan ASI pada anaknya.

Berikut langkah-langkah memijat payudara dilansir dari laman Promkes.kemkes.go.id

1. Cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir terlebih dahulu, lalu letakkan tangan pada payudara bawah bagian kiri sedangkan tangan lainnya menekan pada payudara bagian atas. Gerakkan secara maju mundur pelan dan lembut. Jika tangan kiri bergerak maju maka tangan kanan bergerak mundur.

2. Posisikan kedua telapak tangan pada bagian depan payudara kemudian gerakkan satu ke atas dan satu kebawah. Ulangi sampai dengan 15-20 kali.

3. Buat gerakan melingkar di sekitar puting payudara sekitar 15-20 kali.

4. Urut perlahan dan pelan mulai dari arah bawah hingga mengerucut ke bagian puting.

5. Gunakan ujung ibu jari dan jari telunjuk untuk memelintir pelan puting susu hingga beberapa kali.

Langkah tersebut kemungkinan besar akan membuat ASI keluar dengan sendirinya dalam jumlah cukup banyak. Setelah melakukan pemijatan, bersihkan payudara menggunakan air hangat kemudian bisa memompa ASI atau menyusui anak secara langsung.


Baca juga artikel terkait ASI atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight