Cara Membuat Perkedel Kentang untuk Buka Puasa dan Sahur

Oleh: Yonada Nancy - 29 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara membuat perkedel kentang yang bisa menjadi salah satu menu pelengkap saat buka puasa atau sahur.
tirto.id - Kentang merupakan salah satu makanan yang paling disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sumber karbohidrat selain nasi ini memang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai macam masakan.

Selain kandungan karbohidratmya, kentang juga dikenal dengan kandungan vitamin B6-nya. Menurut Medical News Today, kandungan vitamin ini mampu memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino dalam tubuh sehingga memberikan tambahan energi yang baik.

Kentang juga dinilai mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Karena kandungan seratnya inilah, kentang dipercaya mampu melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi. Kentang juga merupakan salah satu makanan yang mengenyangkan, sehingga cocok dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa.

Olahan dari kentang bisa bermacam-macam, mulai dari makanan camilan hingga makanan lauk, makanan asin hingga makanan manis. Salah satu olahan kentang yang bisa dijadikan lauk adalah perkedel kentang. Perkedel kentang biasanya dijadikan teman makan hidangan berkuah atau bisa langsung dijadikan lauk untuk makan nasi.

Perkedel kentang pada umumnya merupakan kentang yang dihaluskan lalu dibentuk sedemikian rupa dan digoreng dengan telur. Untuk menambahkan nutrisi lain seperti protein dan vitamin, perkedel bisa ditambahkan dengan daging maupun sayuran.

Karena rasanya yang lezat dan teksturnya mudah dikunyah, anak-anak menyukai olahan ini. Memasak perkedel kentang sebagai menu berbuka puasa bisa menjadi ide yang bagus untuk menyenangkan keluarga. Berikut ini, adalah resep perkedel kentang yang dapat dicoba dan menjadi menu pelengkap saat buka puasa atau sahur:

Bahan

500 gram kentang yang sudah dikupas, potong-potong lalu goreng

100 gram kornet

1 butir telur ukuran kecil, pisahkan kuning dan putihnya

1 batang daun bawang, iris halus

minyak untuk menggoreng

Haluskan

2 sendok makan bawang merah goreng

1/2 sendok teh merica butir

3 kuntum cengkih

1/2 sendok teh biji pala

garam secukupnya

Cara membuat

    • Haluskan kentang yang sudah digoreng, masukan bumbu yang sudah dihaluskan, kornet, daun bawang, dan kuning telur. Aduk hingga merata
    • Selanjutnya, bentuk adonan kentang menjadi buat pipih dengan ukuran yang diinginkan. Sisihkan.
    • Panaskan minyak, celupkan kentang yang sudah dibentuk ke dalam putih telur. Setelah minyak panas, masukkan kentang, dan goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan hidangnkan.

Baca juga artikel terkait RESEP MASAKAN atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora
DarkLight