Cara Membuat Kartu Ucapan Selamat Hari Ayah 12 November Pakai Canva

Penulis: Ibnu Azis - 12 Nov 2021 06:44 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Selamat Hari Ayah ungkapan terima kasih pada ayah bisa disampaikan menggunakan kartu ucapan. Berikut cara buat kartu ucapan Selamat Hari Ayah pakai Canva.
tirto.id - Kartu ucapan Selamat Hari Ayah adalah salah satu cara sederhana dalam merayakan Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November. Cara buat kartu ucapan tersebut pun tak sulit, yang dapat memanfaatkan tool online berupa website bernama Canva.

Hari Ayah adalah hari untuk menghormati sosok bapak dalam keluarga, ikatan serta pengaruh ayah dalam masyarakat. Hari Ayah biasanya dirayakan dengan memberi hadiah bagi bapak dan berkumpul bersama anggota keluarga lainnya.

Ungkapan terima kasih kepada ayah ini disampaikan atas perannya sebagai tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam rumah tangga. Ungkapan ini dapat disampaikan secara lisan atau menggunakan kartu ucapan.

Sejarah Hari Ayah Nasional


Bulan November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ayah Nasional tepatnya pada tanggal 12 November. Peringatan ini mulai dideklarasikan pertama kali di Solo pada 2016 yang lahir atas prakarsa Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Selepas acara tuntas, para peserta yang terdiri dari anak-anak usia SD, SMP, SMA, mahasiswa serta umum memberikan beberapa pertanyaan kepada panitia penyelenggara.

"Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi," tanya mereka.

Setelah melalui kajian panjang, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional, demikian seperti dilansir Sahabat Keluarga Kemdikbud.


Cara Buat Kartu Ucapan Selamat Hari Ayah


Era digital memudahkan kita dalam membuat kartu ucapan selamat Hari Ayah secara instan yang bisa langsung dibagikan ke media sosial.

Cara membuat kartu ucapan Hari Ayah pun tak sulit dan bisa dilakukan dengan memanfaatan platform desain grafis, salah satunya yaitu Canva.

Membuat berbagai macam desain di Canva tidak rumit. Antarmuka pengguna platform ini mudah dipahami dan siapa pun dapat menggunakannya.

Berikut cara bikin kartu ucapan selamat Hari Ayah menggunakan Canva menggunakan web browser:

  1. Kunjungi situs web Canva
  2. Desain template tersedia di bawah menu "Recommended". Pilih salah satu, misalnya, "Instagram Story"
  3. Pilih template sesuai selera, klik salah satu template yang tersedia
  4. Isi template dengan konten suka-suka, dari teks, foto, ikon, musik hingga video
  5. Jika kreasi tuntas, klik tombol "Download"
  6. Kartu ucapan Hari Ayah siap dibagikan

Canva juga bisa diakses pada smartphone Android dan iOS melalui aplikasi yang dapat diunduh gratis di Play Store atau App Store.

Aplikasi Canva di ponsel bertataus "freemium", yang artinya gratis tapi fitur dibatasi, sekaligus menawarkan fitur penuh dengan biaya tertentu.

Meski begitu, tanpa bayar pun bikin kartu ucapan selamat Hari Ayah menggunakan Canva tetap bisa dilakukan secara maksimal.


Baca juga artikel terkait HARI AYAH NASIONAL 2020 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight