Cara Membuat Kartu Ucapan Ramadan 2019 yang Unik

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 6 Mei 2019
Cara mudah membuat kartu ucapan Ramadan 2019 bagi kerabat dan teman.
tirto.id - Bulan Ramadan 2019 telah tiba dan puasa pertama digelar hari ini (06/05/2019) dan ucapan selamat puasa bertebaran di linimasa sosial media.

Ucapan berupa status di Facebook atau cuitan di Twitter mungkin sudah biasa. Bagi yang ingin tampil beda, bisa mencoba membuat kartu ucapan puasa Ramadan instan melalui website maupun ponsel.

Salah situs penyedia layanan pembuatan kartu ucapan selamat puasa Ramadan melalui website adalah Google. Raksasa mesin pencari ini dapat membuatkan kartu ucapan unik melalui Qalam. Google Qalam ini menyediakan banyak desain kartu ucapan unik dari beberapa desainer.

Berikut ini cara membuat kartu ucapan puasa Ramadan 2019 melalui website Google Qalam.

  • Jalankan browser, buka website Google Qalam di sini https://qalam.withgoogle.com/en-gb/
  • Klik Create Yours
  • Pilih desain sesuai selera dengan cara klik navigasi ke kanan atau ke kiri
  • Setelah menemukan yang cocok, klik tombol Share dan bagikan ke Facebook, Twitter, bagikan tautan, dan bahkan kartu ucapannya dapat diunduh.

Salah satu fitur Google Qalam ini adalah dapat menampilkan animasi kartu ucapan dalam bentuk animasi 3 dimensi.

Hal ini dapat diaktifkan dengan cara klik tombol 3D. Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan warna kartu ucapan di Google Qalam dengan klik tombol customize color berlambang cat pada.

Selain itu, kartu ucapan yang dipilih dapat diunduh dalam tiga format file, yakni animasi GIF, gambar statis, dan video dengan format MP4.

Ukuran file unduhan relatif kecil dan dapat disimpan di ponsel atau PC. Setelah itu pengguna dapat membagikan unduhan kartu ucapan tersebut melalui WhatsApp atau akun sosial media lainnya.

Bagi pengguna smartphone, Google Qalam ini dapat diakses melalui mobile web menggunakan browser yang tersedia. Semua fungsi dan fitur Google Qalam di mobile web ini sama dengan versi website desktop.

Baca juga artikel terkait RAMADAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Yantina Debora
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi