Cara Membuat Formulir Pendaftaran Online Melalui Google Forms

Oleh: Kurniawan Sukresna - 5 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Buat formulir di Google Forms sebagai alat pendataan atau registrasi online yang melibatkan banyak orang sebagai metode pendaftaran.
tirto.id - Google Forms merupakan salah satu platform online yang dapat digunakan untuk membantu dalam mengambil data survei dan kuesioner secara cepat.

Melalui Google Forms, pengguna juga dapat menggunakannya sebagai alat untuk melakukan pendataan atau registrasi secara online yang melibatkan orang banyak sebagai metode pendaftaran.

Berikut langkah-langkah dalam membuat formulir pendaftaran secara online menggunakan Google Forms:

1. Atur Format Dokumen Baru

Hal ini dapat dilakukan menggunakan gawai atau komputer dengan membuka peramban kemudian kunjungi forms.google.com. Di laman ini format dokumen baru akan langsung terbuka otomatis.

2. Edit Format Dokumen Baru

Setelah selesai membuat format pendaftaran, isi dengan model pertanyaan, menambahkan keterangan, gambar maupun video. Untuk mengatur format pendaftaran yang sesuai kebutuhan bisa memaksimalkan hingga 75 sesi.

Selain membuat format dan memperbaiki isi pendaftaran, pengguna juga bisa membuat pertanyaan dan kunci jawabannya dengan cara membuka Google Forms, klik + di bagian kanan atas. Lalu, klik pengaturan dan klik “Quizzes” untuk membuat daftar pertanyaan yang diperlukan. Sementara untuk mengumpulkan alamat email bisa memilih “General” lalu “Collect Email Address” kemudian klik simpan.

Buat kunci jawaban sesuai dengan tipe pertanyaan, seperti isian singkat, pilihan ganda, mencentang dalam kotak, dropdown, kotak pilihan ganda dan lain sebagainya.

Ubah format formulir pendaftaran sesuai dengan kebutuhan dalam mengumpulkan data, misalnya pada bagian identitas diri seperti nama, alamat email, alamat rumah, dan sebagainya memiliki format sendiri untuk paragraf atau isian singkat.

Apabila terdapat file yang harus diunggah seperti foto maupun dokumen, tentukan jenis dokumen yang boleh diunggah pada bagian File Upload.

3. Kiri URL Formulir Pendaftaran

Atur siapa saja yang dapat mengakses link tersebut, umum atau orang tertentu saja ini termasuk untuk mengedit jawaban. Jika sudah, maka sebarkan tautan formulir pendaftaran tersebut melalui media sosial, email, aplikasi perpesanan, dan lain sebagainya.

Google Forms sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang melakukan riset dan menggunakan kuesioner atau survei online sebagai salah satu metode pengumpulan data. Misalnya, seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi atau perusahaan yang ingin mengetahui tingkat kepuasan konsumen.


Baca juga artikel terkait GOOGLE FORMS atau tulisan menarik lainnya Kurniawan Sukresna
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Kurniawan Sukresna
Penulis: Kurniawan Sukresna
Editor: Ibnu Azis
DarkLight