Cara Membuat Cornflakes: Kue Kering Sereal Jagung untuk Lebaran

Oleh: Endah Murniaseh - 9 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cornflakes atau sering dikenal dengan sereal jagung biasa dinikmati bersama susu, cocok untuk menu buka puasa.
tirto.id - Menunggu waktu berbuka puasa atau sering dikenal dengan ngabuburit merupakan hal yang sangat membosankan jika tidak diisi dengan hal yang bermanfaat. Salah satu kegiatan yang bisa dicoba untuk ngabuburit adalah memasak.

Selain memasak untuk hidangan berbuka puasa, Anda dapat mencoba membuat kue kering untuk hidangan Lebaran, mengingat hari Lebaran tidak lama lagi.

Jika Anda mulai bosan dengan kue kering yang itu-itu saja dan ingin mencoba kue kering lain, maka membuat Cornflakes merupakan pilihan yang tepat. Cornflakes atau sering dikenal dengan sereal jagung biasa dinikmati bersama susu, namun kini Anda dapat mengkreasikannya menjadi kue kering yang enak dan sehat.

Berikut adalah bahan dan cara membuat Cornflakes seperti dilansir dari Frisian Flag.

Bahan:

  • 100 gram cornflakes
  • 125 gram mentega
  • 95 gram gula kastor
  • 1 butir telur
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh garam
  • 25 gram susu bubuk
  • 50 gram gula halus

Cara membuat:

  • Haluskan cornflakes yang telah disiapkan
  • Campurkan mentega dan gula kastor lalu aduk menggunakan mixer hingga halus.
  • Campurkan 1 butir telur dan aduk kembali. Tambahkan cornflakes yang telah dihaluskan, tepung terigu, baking powder, garam, serta susu bubuk. Lalu aduk hingga merata.
  • Bentuklah menjadi bulat-bulat, lalu masukkan ke oven yang sebelumnya telah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius selama 12 hingga 15 menit.
  • Angkat kue dari oven. Setelah dingin, Cornflakes siap untuk dihidangkan.

Cornflakes merupakan kue kering yang dapat menjadi alternatif saat sudah bosan dengan Nastar atau Kastengel sebagai hidangan lebaran. Jika Anda berkeinginan untuk membuat kue kering lainnya dengan rasa cita rasa enak serta tahan lama, berikut adalah tips yang dapat diterapkan, seperti dilansir dari Blueband.


1. Pilih Tepung Terigu yang tepat


Gunakanlah tepung terigu rendah protein saat akan membuat kue kering. Dengan menggunakan tepung terigu rendah protein, maka kue akan memiliki tekstur yang renyah. Selain itu anda juga dapat menambahkan tepung maizena pada adonan kue kering.

2. Gunakan telur untuk memberikan warna pada kue

Kue kering yang cantik tentu akan menarik mata, untuk membuat kue berwarna cantik cukup oleskan permukaan kue menggunakan kuning telur. Anda dapat menggunakan kuning telur ayam kampung untuk mendapatkan warna yang lebih bagus.

3. Pilih gula yang sesuai

Gula selain untuk menambah rasa, namun juga bermanfaat untuk memberikan tekstur pada kue. Gula palem atau gula pasir dengan takaran yang pas akan membuat tekstur kue menjadi lebih renyah. Selain itu gula palem juga membuat tekstur menjadi lembut.

4. Tambahkan bahan pengembang dengan takaran yang pas

Pengembang seperti soda kue berguna untuk membuat adonan kue mengembang dengan sempurna, serta akan memberikan warna yang lebih gelap pada kue kering. Namun pastikan agar takaran yang ditambahkan sesuai agar tidak mengganggu rasa pada kue kering.

5. Gunakanlah mentega yang berkualitas baik

Mentega akan mempengaruhi tekstur kue kering yang anda buar, mentega yang terlalu kering akan membuat tekstur kue menjadi keras. Untuk itu anda dapat mendiamkan mentega di suhu ruang sebelum menggunakannya.

Berikut tadi adalah cara membuat Cornflakes dan tips untuk membuat kue kering yang enak. Dengan membuat kue kering sendiri, maka anda dapat memastikan kebersihan serta bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang berkualitas yang tidak membahayakan kesehatan.


Baca juga artikel terkait CORNFLAKES atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight