Cara Membersihkan Cache pada Hp Android Agar Tidak Lemot

Oleh: Abdul Hadi - 6 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jika Anda merasa bahwa ponsel mulai lemot, ada baiknya menghapus data cache aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi.
tirto.id - Ketika mengakses aplikasi di gawai pintar, biasanya akan tersimpan jejak penyimpanan data yang bertujuan untuk memudahkan pengguna mengakses aplikasi yang sama untuk kedua kalinya. Tujuannya, agar prosesor lebih mudah bekerja dan tidak memulai dari awal lagi untuk mengakses aplikasi tersebut.

Simpanan data otomatis dari jejak akses aplikasi itu dikenal dengan sebutan cache. Cache adalah data sementara yang tersimpan di sistem penyimpanan internal ponsel. Cache mencatat aktivitas aplikasi yang sudah digunakan, dilansir dari OPPO.

Misalnya, ketika mengakses peramban internet, dan Anda masuk ke laman email, memasukkan akun dan kata sandi. Maka, semua data yang sudah dimasukkan tadi akan tersimpan dalam data cache.

Lantas, di kesempatan lain, ketika membuka peramban lagi dan ingin mengakses email, biasanya alamatnya, akun, hingga kata sandinya sudah tersimpan di data cache, sehingga Anda tidak perlu mengetikkan ulang untuk kedua kalinya.

Untuk fungsinya sendiri, laman Samsung menuliskan bahwa cache bertujuan untuk memangkas waktu akses aplikasi, jika sudah tersimpan datanya. Ia juga meringankan beban trafik internet dalam keadaan tertentu.

Beberapa aplikasi yang sering Anda akses membutuhkan data cache untuk efisiensi, tapi ketika data cache terlampau gendut, justru membuat kinerja gawai pintar Anda melambat. Sebabnya, sebagaimana disebutkan di atas, data cache tersimpan di memori internal dan kalau datanya banyak akan memakan banyak ruang.

Jika Anda merasa bahwa ponsel mulai lemot, ada baiknya menghapus data cache aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi. Bagaimana membersihkan data cache di ponsel Android? Laman Android Central memberikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka Setelan atau Setting di ponsel Anda
  2. Klik Penyimpanan atau Storage untuk membuka pengaturan aplikasi
  3. Atau bisa juga membuka Manajemen Aplikasi atau App Manager di Pengaturan ponsel Anda
  4. Buka Aplikasi Lain atau Other Apps untuk melihat daftar aplikasi yang terinstal di ponsel Anda
  5. Buka aplikasi yang ingin dihapus cache-nya
  6. Terakhir, klik Hapus Cache atau Clear Cache di pengaturan aplikasi itu

Setelah data cache dihapus, ruang memori internal akan kian luas. Harapannya, kinerja gawai akan lebih gegas. Namun, aplikasi yang sudah dihapus cache-nya akan kembali ke mode awal.

Jika ingin mengakses ulang, Anda harus memulai sistem dari awal dan waktu pemuatan aplikasinya pun lebih lama daripada ketika cache aplikasinya belum dihapus.


Baca juga artikel terkait ANDROID atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight