Cara Memberikan Pertolongan Pertama pada Orang Kejang atau Epilepsi

Oleh: Febriansyah - 12 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara memberikan pertolongan pertama pada orang yang mengalami kejang atau epilepsi.
tirto.id - Epilepsi adalah gangguan neurologis, kondisi di mana seseorang kerap mengalami kejang-kejang. Epilepsi atau ayan terbagi menjadi dua yaitu umum dan fokal. Kejang fokal atau parsial hanya memengaruhi satu otak saja dan berlangsung beberapa detik saja.

Semantara kejang umum terjadi lebih kuat dan membuat otot tidak terkendali. Kejang jenis ini dapat berlangsung sampai beberapa menit. Pasien yang mengalami kejang kuat itu akan menjadi bingung atau kehilangan kesadaran, dan kemungkinan tidak ingat apa yang terjadi.

Seseorang yang berada di dekat orang yang epilepsi kadang tidak tahu harus berbuat apa. Maka simak penjelasan berikut untuk mengetahuinya. Dilansir Lifehacker, beberapa langkah yang perlu dilakukan saat menghadapi orang yang sedang kejang, yaitu.

- Tetap bersamanya

Saat melihat seseorang mengejang, jangan tinggalkan orang tersebut. Tetaplah bersamanya, menjaga ia mengejang di tempat yang aman. Tetap tenang, dan ajak ia berkomunikasi.

- Menjaga mereka tetap aman

Seseorang yang mengalami kejang dapat terluka jika jatuh atau menabrak sesuatu, jadi pastikan mereka berada di lingkungan yang aman. Jika mereka berjalan atau berkeliaran, arahkan mereka ke tempat yang aman. Jika mereka cenderung akan terjatuh, turunkan dengan hati-hati.

Hindarkan dari benda-benda yang bisa melukai. Bersihkan area kejang dari benda tajam, atau apa pun yang dapat menimbulkan bahaya. Beberapa pasien epilepsi tidak ingin bangun dalam kondisi dikelilingi banyak orang, jadi panggilah satu atau dua orang saja jika membutuhkan bantuan.

- Buat tubuh mereka menyamping

Longgarkan pakaian ketat dan letakkan sesuatu yang lembut di bawah kepala mereka. Lalu buatlah mereka menyamping atau dalam posisi miring. Buka mulut mereka agar lebih mudah bernapas dan hal ini juga mencegah tersedak air liur yang jelas akan menghalangi jalur pernapasan.

- Jangan menahan kejangan

Menahan kejangan tidak akan menghentikan kejang, dan malah bisa membuat mereka lebih cenderung melukai diri sendiri atau orang lain. Jika mencoba menahan kejang atau getaran yang terjadi maka kemungkinan orang yang kejang-kejang itu akan merespons secara agresif.

- Jangan menaruh apapun di mulut mereka

Jangan pernah memberi makan atau minum ke orang yang sedang kejang-kejang. Hal itu sangat berbahaya bagi mereka.

Jika kejang sudah selesai, orang tersebut mungkin bingung, takut, atau malu ketika bangun. Beri tahu mereka apa yang terjadi, dan temani mereka atau antar mereka pulang. Epilepsy foundation menyarankan untuk menelepon bala bantuan jika melihat tanda-tanda darurat seperti:
  • Kejang berlangsung lebih lama dari 5 menit
  • Kejang berulang
  • Sulit bernapas
  • Kejang terjadi dalam air
  • Seseorang terluka, hamil, atau sakit
  • Orang tidak kembali ke keadaan biasanya
  • Kejang pertama kali

Baca juga artikel terkait EPILEPSI atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight