Cara Membeli Tiket KA Prameks Secara Online Lewat KAI Access

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 1 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Untuk melakukan pembelian, calon penumpang harus mengunduh aplikasi KAI Access terlebih dahulu di smartphone.
tirto.id - Tiket Kereta Api Prambanan Ekspres (KA Prameks) bisa dibeli atau dipesan secara online lewat aplikasi KAI Access mulai 1 Februari 2019. Untuk melakukan pembelian, calon penumpang harus mengunduh aplikasi KAI Access terlebih dahulu di smartphone.

Setelah mengunduh KAI Access, calon penumpang KA Prameks diminta untuk mendaftarkan diri dengan membuat akun. Berikut ini cara membeli atau memesan tiket KA Prameks melalui KAI Access.

Cara Memesan/Membeli Tiket Prameks Secara Online

  1. Unduh aplikasi KAI Access di smartphone Anda dan buat akun.
  2. Setelah berhasil melakukan transaksi pembelian tiket KA, maka nama dan nomor ID pemilik akun akan muncul di data e-ticket.
  3. Untuk pembayaran hanya melalui dompet elektronik (e-wallet).
  4. Batas waktu pembayaran untuk transaksi tiket tergantung dari masing-masing dompet elektronik (e-wallet) yang dipilih. Sebagai contoh, untuk pembayaran dg t-Cash saat ini masuk halaman login hingga menerima OTP (perintah bayar) sekitar 60 detik.
Selain itu, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi calon penumpang untuk bisa melakukan pembelian di KAI Access, yaitu:

  1. Penumpang dapat melakukan pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access, dengan terlebih dahulu mendaftar dan/atau masuk (login) jika sudah memiliki akun pada aplikasi KAI Access.
  2. Pemesanan tiket dapat dilakukan mulai 7 hari sampai dengan 5 menit sebelum keberangkatan KA.
  3. Pembelian tiket dalam 1 kali transaksi hanya 1 tiket, berarti dalam 1 kode booking memiliki 1 e-tiket dengan QR code.
  4. Setelah berhasil melakukan transaksi pembelian tiket, maka nama dan nomor identitas pemilik akun akan muncul di data e-tiket.
  5. Anak usia diatas 3 tahun wajib membeli tiket.
  6. Pembayaran atas pembelian tiket dilakukan melalui dompet elektronik (e-wallet).
  7. Batas waktu pembayaran untuk transaksi tiket tergantung dari masing-masing dompet elektronik yang dipilih.
  8. Tidak dapat dilakukan ubah jadwal ataupun pembatalan pada aplikasi KAI Access. Pembatalan dan ubah jadwal hanya dapat dilakukan di loket stasiun.

Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto menjelaskan, di atas KA penumpang yang menggunakan e-tiket akan diperiksa kondektur.

Masing-masing penumpang diperiksa dengan cara menyentuh layar smartphone untuk memastikan barcode penumpang berdetak dan e-tiket sesuai dengan perjalanan kereta apinya.

"Manfaat kemudahan pembelian tiket KA Prameks melalui KAI Access, dan pastikan jadwal KA-nya sudah sesuai," ujar Supriyanto.


Baca juga artikel terkait KERETA API atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Maya Saputri