Cara Membeli dan Aktivasi Kartu by.U

Oleh: Abdul Hadi - 9 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kartu by.U dihadirkan oleh Telkomsel untuk membidik pasar dari segmen Gen Z di Indonesia, yang diproyeksikan berjumlah sekitar 44 juta orang.
tirto.id - Sejak diluncurkan pertama kali pada Oktober 2019, layanan selular prabayar digital pertama di Indonesia, by.U telah menjaring banyak pengguna. Kartu by.U ini menghadirkan akses daring secara penuh untuk layanan selulernya.

Pelayanan serba digital ini merupakan inovasi atas kemajuan teknologi dan peneterasi internet yang masif. Mengingat segmen pasar by.U ditujukan kepada Generasi Z yang digambarkan sebagai anak muda mandiri, kreatif, memprioritaskan kebebasan, akrab dengan teknologi dan aktif online.

Telkomsel meluncurkan by.U, yang merupakan layanan selular prabayar digital end-to-end pertama di Indonesia, pada Oktober 2019 lalu. Melalui pemasaran by.U, Telkomsel membidik segmen Gen Z di Indonesia, yang diproyeksikan berjumlah sekitar 44 juta orang, demikian dilansir Antara.

Selain dengan mendatangi langsung outlet by.U, pembelian kartu SIM by.U dapat dilakukan secara daring. Untuk memperoleh kartunya, Anda dapat menginstal aplikasi by.U melalui Google Play Store atau App Store.

Selanjutnya, Anda dapat memilih opsi pengiriman menggunakan GoSend (untuk wilayah tertentu) atau JNE. Jangan khawatir bahwa Anda mengeluarkan uang lagi untuk biaya pengiriman karena ongkos antar kartu by.U gratis.

Bagi pemakai by.U pertama kalinya, jangan kebingungan untuk melakukan aktivasi kartu SIM by.U. Berikut langkah-langkah aktivasi sebagaimana dikutip dari laman resminya:

1. Masukkan kartu SIM by.U ke ponsel Anda

2. Pastikan Anda terhubung ke jaringan internet by.U

3. Buka aplikasi by.U Anda dan klik "Aktifkan SIM Card"

4. Masukkan nomor identitas NIK atau KTP dan nomor Kartu Keluarga Anda. Jika ingin lebih cepat, Anda dapat langsung menscan kartu KTP melalui ponsel Anda.

5. Setelah kartu by.U aktif, Anda dapat menggunakannya berselancar internet dengan lancar.

Layanan digital secara penuh yang ditawarkan by.U mencakup sejumlah akses layanan, mulai dari pilihan pembelian pesan-antar, nomor telepon by.U, kuota internet, kuota tambahan (topping), hingga pembayaran. Kuota internet by.U ini ditransmisi pengguna dengan bebas selama 24 jam di semua jaringan Telkomsel baik itu jaringan 2G, 3G, ataupun 4G.

Jika Anda masih kebingungan, layanan by.U juga ditunjang dengan customer service atau layanan pelanggan yang dapat diakses melalui fitur live chat pada aplikasi dan situs resmi by.U. Demikian juga layanan pengguna juga terdapat pada laman sosial medianya.

Sejauh ini, by.U menyediakan layanan pesan antar SIM card, yang pada tahap awal tersedia di beberapa daerah yaitu Jakarta, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Depok, dan Yogyakarta.


Baca juga artikel terkait KARTU SIM atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight