Cara Membedakan Sneakers Asli & KW: Jangan Lupa Cek Kode di Kardus

Oleh: Ega Krisnawati - 28 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Cara membedakan Sneakers Asli dengan KW: jangan lupa cek kode di kardus sepatu dan selalu bandingkan harganya.
tirto.id - Membeli sneakers yang original atau asli bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, telah tersedia produk sepatu palsu di toko-toko daring (online) maupun secara langsung.

Beberapa orang akan menganggap bahwa sneakers palsu merupakan sepatu yang original. Mereka perlu melakukan survey pada eBay, grup FaceBook, papan pesan, atau bahkan Craigslist.

Dilansir dari Sneaker Files, Berikut ini langkah yang dilakukan untuk memastikan sneakers tersebut palsu atau tidak:

1. Kotaknya rusak

Biasanya kotak yang menampung sneakers palsu akan rusak ataupun robek. Bahkan karton yang melapisi kardus tersebut juga sama, terlihat rusak atau robek.

Tidak hanya itu, untuk mengetahui sepatu palsu atau tidak melalui kotak, dapat menggunakan cara seperti melihat label yang ada pada kotak.

Penelitian ini dapat dimulai pada kotak seperti merek Nike Air Yeezy 2 'Solar Red'. Ukuran yang asli adalah 10.5, sementara ukuran yang palsu adalah 10.

Selain itu, pembeli dapat mengamati model kotak. Model kotak yang palsu akan diberi jarak lebih jauh dari yang asli.

Kemudian, di kotak yang asli ada terlampir harga eceran yang disarankan. Sedangkan kotak yang palsu, tidak terdapat lampiran tersebut.

Amati pula dalam kotaknya, biasanya terdapat nomor produk atau ejaan kata yang salah, hingga penempatan label yang keliru.

2. Nike – Jordan tidak pernah membuat jenis warna yang sama

Fakta ini terlihat ketika terdapat produk Air Yeezy yang diproduksi dalam 1000 skema warna berbeda seperti pada 'Spongebob' Jordan Dub Zeros.

Tips lainnya, yaitu mengambil gambar sneakers tersebut kemudian mengunggahnya di grup sosial media seperti Facebook. Nantinya, orang-orang akan memberikan penilaian terkait palsu tidaknya sepatu tersebut.

3. Cek ukuran

sneakers yang palsu dapat terdeteksi ketika, laman pembelian yang Anda pakai menyediakan lebih dari satu ukuran. Padahal, sepatu lari tersebut memiliki ukuran yang terbatas.

4. Bentuk dan materialnya mati

Mata yang tidak biasa terlatih untuk melihat bahan sebuah sepatu palsu atau tidak, sangatlah berbahaya. Maka dari itu, untuk melatihnya dapat dilakukan dengan melihat produk Air Jordan 13:

    • Pertama, stiker yang digunakan adalah stiker berbentuk hologram.
    • Kedua, toebox memanjang ke atas.
    • Ketiga, bahan yang digunakan pada pod bentuknya halus.
    • Keempat, penyulaman pada pod tidak aktif.
    • Kelima, desain plat karbon yang tidak tepat.

Tidak hanya pada Air Jordan 13, Anda juga dapat membedakan bentuk dan bahan pada sneakers lainnya melalui langkah berikut ini,
    • Bandingkan ukuran. Ambilah satu pasang sepatu dan letakan dengan cara berdampingan. Apabila kedua sepatu ukurannya sama, pastikan apakah salah satu sepatu ukurannya lebih tinggi atau lebih besar.
    • Jahitan pada sepatu. Carilah perbedaan jahitan antara keduanya. Apabila sneakers tersebut palsu, biasanya jahitannya cacat bahkan keluar.
    • Penggunaan bahan yang berbeda. Biasanya bahan yang palsu memiliki harga yang lebih murah, daripada yang asli.
    • Lihat detail sepatu. Perhatikan penempatan logo pada sepatu, ada yang tidak lurus atau tidak.
    • Perhatikan sol sepatu. Sol dengan bahan transparan dengan warna yang berbeda, merupakan pertanda baik. Apabila sneakers menggunakan serat karbon, pastikan desain dan ukuran tepat.
    • Amati bau sepatu. Barang yang palsu, biasanya memiliki bau yang buruk karena menggunakan bahan yang paling murah.

5. Harga yang terlalu terjangkau

Hal ini dapat dilihat pada 'Galaxy' Nike Air Foamposite One yang banyak terdeteksi palsu pada situs web Aliexpress.com.

Pada situs resmi Nike, sepatu tersebut dijual dengan harga 220 dolar. Sedangkan yang palsu dijual dengan harga, 56.80 dolar. Situs terpercaya dengan harga yang sesuai dengan kenyataan dapat diakses pada FlightClub.com.

6. Periksa tag yang ada dalam kotak

Sama seperti label, tag yang ada dalam sepatu perlu diperhatikan nomor produk, dan jenis tulisan. Misalnya, Anda ingin membeli sepatu tahun 2013 namun ternyata tag yang terpasang adalah tahun 2015.

Hal terpenting yang dilakukan bila ingin terhindar dari pembelian sepatu palsu adalah membeli di toko yang resmi. Apabila ingin membeli secara online, pastikan jika toko tersebut sudah terverifikasi serta memiliki track record yang baik.

Menurut laman Sneak Factory Net, palsu atau tidaknya sepatu, tentunya dapat diteliti tidak hanya pada satu merek.

Pembeli juga dapat melihat bagaimana kualitas sepatu. Langkah yang dapat dilakukan adalah, mencoba sepatu tersebut. Jika terdapat masalah, pilihlah sepatu lainnya.


Baca juga artikel terkait CARA BANDINGKAN SNEAKERS ASLI DAN KW atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight