Cara Memasang Iklan di Facebook untuk Berbisnis

Oleh: Balqis Fallahnda - 11 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara dan aturan memasang iklan di platform media sosial Facebook.
tirto.id - Iklan Facebook memberikan cara bagi bisnis kecil untuk dengan mudah menjangkau audiens yang ditargetkan.

Dengan berbagai format iklan yang dapat dipilih, pengguna dapat menjangkau audiens target dengan cara yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan, baik melalui video, polling, slideshow, game augmented reality, atau cerita.

Facebook juga memberi penggunanya akses ke metrik sehingga dapat mengetahui bagaimana kinerja iklan, dan membuat perubahan agar lebih sesuai dengan audiens di masa mendatang.

Beriklan di Facebook relatif mudah, asalkan sudah memiliki halaman bisnis Facebook dan tahu seperti apa tampilan iklan, demikian seperti diwartakan Business Insider.

Berikut cara membuat iklan Facebook seperti dijelaskan dalam laman resminya.

Login

Login ke laman bisnis akun Facebook Anda, kemudian kunjungi laman buat iklan pada tautan ini.

Pilih tujuan

Untuk memilih tujuan iklan yang tepat, jawab pertanyaan “apa hasil terpenting yang saya inginkan dari iklan ini?” Hasil itu bisa berupa penjualan di situs web Anda, jumlah unduhan aplikasi Anda, atau peningkatan brand awareness.

Pilih audiens/pemirsa

Pengguna di sini akan memilih audiens yang ingin dijangkau berdasarkan kriteria seperti usia, lokasi, dan informasi lainnya, pilih demografi, minat, dan perilaku yang paling menggambarkan pemirsa.

Tentukan platform menjalankan iklan

Pilih platform untuk menjalankan iklan seperti Facebook, Instagram, Messenger, Audience Network, pengguna juga dapat memilih semuanya.

Tetapkan anggaran

Tetapkan anggaran harian yang ingin ditetapkan selama masa promosi, di sini pengguna juga dapat menjadwalkan berapa lama iklan berjalan.

Di sini pengguna juga dapat membatasi penggunaan anggaran sehingga biaya yang dikeluarkan per harinya tidak akan melebihi batas anggaran yang sudah pengguna tetapkan.

Pilih format

Pilih salah satu dari enam format iklan yang fleksibel, semuanya dirancang agar berfungsi efektif di semua perangkat dan kecepatan koneksi. Format dapat berupa gambar tunggal, video tunggal, hingga tayangan slide.

Order iklan

Setelah dikirimkan, iklan akan masuk ke lelang iklan yang membantu mengarahkannya ke orang yang tepat.

Kelola iklan

Pengguna dapat menggunakan alat Manajer Iklan Facebook untuk mengakses metrik dan mencari tahu bagaimana performa iklan berjalan.


Baca juga artikel terkait CARA PASANG IKLAN DI FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight