Cara Memaksimalkan Peluang Lolos SBMPTN 2018

Oleh: Agung DH - 5 Maret 2018
Dibaca Normal 2 menit
Pendaftar SBMPTN 2018 butuh pertimbangan matang sebelum menentukan program studi dan PTN yang dipilih. Tirto.id menyediakan piranti pencarian untuk memaksimalkan lolos SBMPTN 2018.
tirto.id - Proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 bakal dibuka sebentar lagi.

Rangkaian proses SBMPTN 2018 ini bakal dimulai pada Kamis, 29 Maret 2018 yakni mengunduh tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis dan keterampilan. Untuk jadwal pendaftaran online Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sendiri baru dimulai pada 5 April pukul 08.00 WIB sampai 27 April 2018 pukul 22.00 WIB.

Sebelum benar-benar melakukan pendaftaran, calon mahasiswa baru harus terlebih dulu mengetahui program studi dan universitas yang bakal dipilih.

Tirto.id
membantu calon mahasiswa baru menentukan dan membandingkan pilihan program studi, PTN, lokasi PTN dengan sejumlah piranti pencarian dengan delapan model. Piranti ini membantu siswa agar tidak bingung memilih jurusan di kuliah. Berikut delapan model tersebut:

1. Cari Prodi dan PTN Berdasarkan Lulusan

Piranti pencarian ini menampilkan data seluruh program studi di 85 PTN pada SBMPTN 2018 yang dapat dimasuki siswa sesuai dengan latar belakang lulusan siswa; IPA, IPS, Bahasa, Agama, Kejuruan atau Bahasa. Piranti pencarian ini dapat membantu pendaftar SBMPTN 2018 untuk melihat seluruh program studi dan PTN yang sesuai dengan latar belakang lulusan di Provinsi tertentu.

Sebagai contoh: Saya lulusan IPA. Saya ingin mendaftar SBMPTN 2018 namun masih bingung menentukan program studi dan PTN yang dipilih.

2. Cari PTN di Provinsi Tertentu Sesuai Lulusan
Piranti pencarian ini menampilkan data program studi di sebuah PTN di Provinsi tertentu yang menjadi favorit siswa sesuai dengan latar belakang lulusan IPA, IPS, Bahasa, Agama, Kejuruan atau Bahasa.

Piranti pencarian ini dapat membantu pendaftar SBMPTN 2018 yang telah memiliki pilihan Provinsi tujuan namun belum menentukan program studi dan PTN. Setelah melihat data yang ditampilkan, pendaftar SBMPTN 2018 dapat mengetahui kuota dan tingkat kompetisi di masing-masing program studi dan PTN.

Sebagai contoh: Saya lulusan IPS. Saya ingin mendaftar SBMPTN 2018 di PTN di Provinsi Jawa Barat. Namun saya masih bingung menentukan program studi dan PTN yang dipilih.
3. Cari PTN di Provinsi Tertentu Sesuai Prodi Pilihan

Piranti pencarian ini menampilkan data PTN di Provinsi tertentu sesuai pilihan siswa. Piranti pencarian ini dapat membantu pendaftar SBMPTN 2018 yang telah memiliki pilihan program studi dan Provinsi tujuan namun belum menentukan program PTN. Setelah melihat data yang ditampilkan, pendaftar SBMPTN 2018 dapat mengetahui PTN yang membuka program studi di provinsi tertentu sesuai pilihan siswa.

Sebagai contoh: Saya kuliah di program studi manajemen di salah satu PTN di Jawa Barat. Namun saya masih bingung menentukan PTN yang saya pilih.

4. Cari PTN Sesuai Prodi Pilihan

Piranti pencarian ini menampilkan data PTN dan program studi yang menjadi favorit siswa sesuai dengan latar belakang lulusan IPA, IPS, Bahasa, Agama, Kejuruan atau Bahasa. Piranti pencarian ini dapat membantu pendaftar SBMPTN 2018 yang telah memiliki pilihan program studi namun belum menentukan PTN yang dituju. Setelah melihat data yang ditampilkan, pendaftar SBMPTN 2018 dapat mengetahui kuota dan tingkat kompetisi di masing-masing PTN.

Sebagai contoh: Saya lulusan Bahasa. Saya ingin mendaftar di program studi Sastra Rusia pada SBMPTN 2018. Namun saya masih bingung menentukan PTN yang dipilih.

5. Cari Prodi di PTN Favorit

Piranti pencarian ini menampilkan data PTN dan program studi di PTN yang menjadi favorit siswa. Piranti pencarian ini dapat membantu pendaftar SBMPTN 2018 yang telah memiliki pilihan PTN namun belum mengetahui prodi yang akan dipilih .

Sebagai contoh: Saya ingin mendaftar SBMPTN 2018 di Universitas Indonesia. Namun saya belum menentukan program studi yang akan dipilih.

6. Cari Prodi dengan Kompetisi Terendah hingga Tertinggi

Piranti pencarian ini menampilkan data program studi di 85 PTN di Indonesia yang memiliki tingkat kompetisi terendah atau tertinggi. Piranti pencarian ini dapat membantu pendaftar SBMPTN 2018 yang ingin masuk ke PTN dengan tingkat persaingan terendah atau tertinggi.

Sebagai contoh: Saya ingin mengetahui kompetisi terendah di 85 PTN pada SBMPTN 2017.

7. Cari PTN Sesuai Prodi Pilihan

Piranti pencarian ini menampilkan data 85 PTN di Indonesia yang membuka program studi sesuai pilihan siswa. Piranti pencarian ini dapat membantu pendaftar SBMPTN 2018 yang ingin memilih PTN beserta jumlah kuotanya.

8. Perbandingan Tingkat Kompetisi Prodi di Dua PTN
Piranti pencarian ini menampilkan data dua PTN sesuai program studi sesuai pilihan siswa. Piranti pencarian ini dapat membantu pendaftar SBMPTN 2018 untuk membandingkan tingkat kompetisi di sebuah prodi.



Baca juga artikel terkait SBMPTN 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight