Cara Melihat Kenampakan Venus 13 Januari 2022: Teleskop, Aplikasi

Cara Melihat Kenampakan Venus 13 Januari 2022: Teleskop, Aplikasi
Bulan sabit tua dan bintang timur (venus) saat diabadikan menjelang matahari terbit dari Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/9/2017). ANTARA FOTO/Suwandy

tirto.id - Planet Venus bisa disaksikan dari Bumi dalam waktu-waktu tertentu, menggunakan peralatan ataupun dengan mata telanjang. Namun, cara terbaik mengamati planet kembaran Bumi itu adalah menggunakan teleskop atau teropong bintang.

Pada Januari umumnya Venus diamati ketika fajar hingga terbit matahari. Hal inilah yang menyebabkan Venus dijuluki sebagai Bintang Fajar. Kendati demikian, bukan berarti Venus tidak bisa diamati saat senja atau malam hari. Waktu pengamatan Venus sendiri dipengaruhi oleh posisinya terhadap Bumi dan Matahari.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan bahwa kenampakan Venus pertama tahun ini setelah konjungsi inferior akan terlihat saat fajar di tanggal 13 Januari 2022. Kenampakan Venus saat fajar akan berlangsung selama 8 bulan dan 12 hari hingga 25 September 2022.

Selanjutnya, Venus tidak akan nampak selama terjadi konjungsi superior. Venus kemudian akan menampakan diri lagi saat senja di tanggal 14 November 2022.

Kenampakan Venus di awal tahun selalu menjadi fenomena astronomi yang banyak ditunggu oleh para ilmuwan, fotografer, maupun masyarakat umum. Melansir Space kenampakan Venus paling jelas justru bukan terjadi pada Januari, melainkan Februari.

"Venus akan mencapai kecemerlangan terbesarnya di langit pagi pada 13 Februari," catat Space.

Lebih lanjut, menurut Space itu adalah waktu yang tepat untuk mengabadikan ataupun mengamati sang Bintang Fajar. Selama akhir Januari hingga pertengahan Februari, planet tersebut akan terlihat seperti bulan sabit.

Cara Melihat Venus dari Bumi

Memanfaatkan teleskop atau teropong bintang sangat disarankan untuk mengamati Venus dengan lebih jelas. Namun, selain peralatan, ada hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum mengamati Venus, termasuk tanggal dan waktu pengamatan terbaik.

Menurut Lapan Venus pertama akan tampak dari arah Timur dekat Konstelasi Sagitarius dengan keceriangan -4,32. Kenampakan ini hanya bisa diamati selama 25 menit hingga matahari terbit.

Oleh karena itu, menemukan waktu dan arah yang tepat sebaiknya dilakukan sebelum mengamati Venus. Dikutip dari Earth Sky, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengamati Venus dengan jelas, yaitu:

• Memanfaatkan aplikasi planetarium yang bisa diunduh secara gratis di App Store maupun Google Play. Salah satu aplikasi yang direomendasikan adalah Stellarium. Aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya untuk menemukan lokasi Venus ketika matahari terbit atau pada tanggal tertentu.
  • Mulai mengamati saat fajar hingga matahari terbit. Di waktu-waktu tersebut lebih mudah menemukan Venus dibanding saat malam hari.
  • Memanfaatkan kalkulator matahari terbit untuk menemukan waktu yang tepat. Salah satu platform yang menyediakan layanan ini adalah sunrisesunset.com.
  • Untuk mengabadikan kenampakan Venus, manfaatkan penggunaan tripod untuk membuat kamera stabil dalam waktu yang lama.