Cara Melihat Hasil Seleksi Mandiri S1 dan D3 UNS 2020

Oleh: Abdul Hadi - 17 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pengumuman hasil seleksi mandiri UNS program sarjana disampaikan Selasa 18 Agustus 2020. Sedangkan pendaftaran seleksi mandiri diploma ditutup 19 Agustus.
tirto.id - Terdapat tujuh jalur masuk untuk mendaftar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bagi program diploma dan sarjana. Enam di antaranya sudah tutup awal Agustus 2020, kecuali jalur tes Seleksi Mandiri (SM) untuk program diploma.

Tujuh jalur masuk itu terdiri dari jalur PMDK, Seleksi Utama Masuk Diploma, Seleksi Mandiri Diploma, SNMPTN, SBMPTN, SPMB S1-Transfer, dan SM UNS.

Semua jalur tes untuk program sarjana sudah tutup. Yang masih terbuka untuk pendaftaran hanya SM untuk program diploma yang dibuka hingga Rabu, 19 Agustus 2020.

Jika tidak ada perubahan jadwal, pengumuman seleksi mandiri untuk program sarjana disiarkan pada Selasa, 18 Agustus 2020, sementara itu untuk pengumuman seleksi mandiri program diploma akan disiarkan pada Minggu, 23 Agustus 2020.

Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri (SM) UNS Program Sarjana

UNS telah menutup pendaftaran SM jalur tulis untuk program sarjana pada Minggu, 16 Agustus 2020. Adapun untuk seleksi mandiri jalur kemitraan, prestasi, dan jalur disabilitas sudah ditutup lebih awal, yaitu pada Rabu, 12 Agustus 2020 lalu.

Jika tidak ada perubahan jadwal, peserta tes program sarjana dapat melihat hasil tesnya yang akan disiarkan pada Selasa, 18 Agustus 2020.

Untuk melihat pengumumannya, peserta tes dapat mengakses situsweb https://spmb.uns.ac.id/site/pengumuman.

Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri (SM) UNS Program Diploma

Seleksi mandiri jalur diploma UNS terdiri dari tiga jalur, mencakup seleksi mandiri diploma jalur ujian, jalur kemitraan, dan jalur disabilitas.

Ketiga tersebut telah dibuka dari 4 hingga 19 Agustus 2020. Jika peserta ingin mendaftar, dapat mengakses situs pendaftaran UNS untuk jalur vokasi.

Setelah mendaftar, membayar biaya registrasi, dan mencetak kartu, peserta dapat mengikuti ujian daring yang akan dilangsungkan pada Jum'at, 21 Agustus 2020.

Untuk hasil pengumumannya dapat dilihat melalui situsweb https://spmb.uns.ac.id/site/pengumuman, dengan memasukkan nomor pendaftaran dan kode tanggal lahir peserta.

Biaya Kuliah di UNS dan Biaya Hidup di Surakarta

Biaya kuliah di UNS diatur dengan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan diberlakukan UKT, otomatis tidak ada lagi pungutan biaya pendidikan seperti SPP, BPI, uang laboratorium, dan pungutan lainnya.

Besaran biaya kuliah itu terbentang dari UKT kelompok I yang paling kecil, hingga UKT kelompok VIII yang paling besar. Tinggi dan rendahnya biaya UKT tergantung pada besaran penghasilan orang tua yang ditetapkan ketika melakukan pendaftaran ulang selepas lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dari jalur yang diikuti peserta.

Biaya UKT kelompok I terendah adalah Rp500.000 untuk semua jurusan, dan biaya UKT kelompok VIII yang tertinggi dipegang oleh program studi kedokteran sebesar Rp30.224.000. Untuk rincian biaya UKT dapat diakses di laman http://www.spmb.uns.ac.id

Sementara itu, untuk biaya hidup selama kuliah di UNS, dari hasil survei Tirto diketahui biaya hidup rata-rata di Surakarta. Biaya kos sebesar Rp200.000-Rp1.500.000, biaya makan Rp300.000-Rp1.500.000, dan biaya tranportasi sebesar Rp50.000-Rp100.000.

Sementara, menurut Numbeo, situs penyedia data biaya hidup di berbagai kota, di Surakarta menunjukkan data berbeda. Biaya makan sebesar Rp900.000,00, sedangkan biaya transportasi sekitar Rp270.000,00.

Sedangkan data dari Mamikos, situs penyedia data biaya tempat tinggal di sebuah kota, biaya kos di Surakarta sekitar Rp200.000-Rp2.000.000.


Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI UNS atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Agung DH
DarkLight