Cara Melihat Arsip Story Instagram di Android dan Iphone

Kontributor: Anisa Wakidah - 28 Feb 2022 07:48 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara melihat arsip story Instagram untuk pengguna Android dan iPhone dan cara mengarsip story IG.
tirto.id - Instagram merupakan platform sosial media yang dirancang sebagai aplikasi untuk berbagi foto dan video. IG atau Instagram juga memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto maupun video.

Tidak hanya itu, platform Instagram juga menyediakan berbagai fitur-filter digital yang kekinian.

Hingga kini, ketika Anda membuat suatu unggahan di IG atau Instagram, Anda diberikan 3 pilihan untuk mengatur lokasi postingan Anda. Tiga fitur meletakkan postingan ini, yakni:

1. Feed

Feed Instagram merupakan fitur yang telah ada sejak pertama kali instagram dihadirkan. Berdasarkan praktek penggunaannya, fitur ini muncul sebagai beranda Instagram yang berisi postingan dari pengguna lain yang Anda ikuti.

Feed Instagram dapat berupa konten foto maupun video. Melalui fitur ini, pengguna dapat menekan tombol suka, mengomentari, menyimpan, dan mengirim postingan.

2. Story

Story Instagram merupakan fitur yang dirancang untuk memungkinkan pengguna memperlihatkan akitivitas terkini, berbagi cerita, atau bahkan membagikan musik yang sedang didengarkan.

Mengapa disebut sebagai fitur aktivitas terkini? Karena, fitur ini hanya akan muncul dalam durasi 24 jam sejak diunggah.

3. Reels

Fitur Reels dibuat untuk memungkinkan penggunanya membuat video pendek yang digabungkan dengan musik pilihan dan kemudian dapat dibagikan kepada teman, atau pengikut.

Dari pemaparan di atas, fitur Story merupakan salah satu fitur yang memiliki durasi dengan batasan waktu yakni 24 jam penayangan. Akan tetapi, Anda dapat kembali melihat story atau cerita yang telah Anda bagikan melalui fitur Arsip atau Archive.

Sayangnya, fitur untuk melihat arsip cerita, postingan, dan reels hanya tersedia dalam app. Dengan kata lain, Anda tidak dapat membuka arsip cerita di website.

Cara Melihat Arsip di Instagram untuk Android dan Iphone

Anda dapat melihat konten yang telah Anda arsipkan di Instagram. Bahkan, melalui fitur ini Anda juga dapat melihat arsip dari cerita-cerita yang telah Anda bagikan sebelumnya di Story Instagram. Dilansir dari situs resmi Help Center Instagram, berikut cara melihat arsip cerita di Instagram:

    • Ketuk profil atau gambar profil Anda di kanan bawah untuk membuka profil Anda;
    • Ketuk “opsi lainnya” atau simbol garis 3 di pojok kanan atas;
    • Ketuk Arsip;
    • Ketuk Arsip postingan/cerita di bagian atas, lalu pilih konten yang ingin Anda lihat ulang, yakni: Arsip cerita, Postingan Diarsipkan, atau Arsip Siaran Langsung.


Cara Melihat Arsip di Instagram untuk Pengguna Instagram Lite

    • Ketuk profil atau gambar profil Anda di kanan bawah untuk membuka profil Anda;
    • Ketuk opsi lainnya di kanan atas;
    • Ketuk Arsip;
    • Ketuk Cerita atau Postingan di bagian atas.


Bagaimana cara mengarsipkan postingan yang telah saya bagikan di Instagram?

Anda dapat mengarsipkan postingan yang telah Anda bagikan untuk menyembunyikannya dari profil Anda. Mengarsipkan postingan juga memungkinkan agar pengikut Anda dan orang lain di Instagram tidak dapat melihatnya. Saat Anda mengarsipkan postingan, semua data suka dan komentarnya akan disimpan.

Cara Mengarsipkan Postingan Instagram

    • Ketuk profil atau gambar profil Anda di kanan bawah untuk membuka profil Anda;
    • Ketuk pos yang ingin Anda arsipkan;
    • Ketuk simbol titik segitiga di pojok kanan atas;
    • Pilih Arsip.


Baca juga artikel terkait ARSIP STORY INSTAGAM atau tulisan menarik lainnya Anisa Wakidah
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Anisa Wakidah
Penulis: Anisa Wakidah
Editor: Yantina Debora

DarkLight