Cara Melakukan Virtual Meeting Lewat CloudX

Oleh: Yonada Nancy - 30 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal CloudX dari fitur hingga cara melakukan virtual meeting.
tirto.id - Istilah virtual meeting menjadi populer beberapa minggu terakhir. Akibat global pandemi yang melanda Indonesia saat ini, nyaris semua orang harus melakukan pekerjaan dari rumah.

Hal ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19 yang sudah mewabah di Indonesia sejak beberapa minggu lalu. Karenanya, komunikasi virtual semakin sering dimanfaatkan banyak orang akhir-akhir ini.

Salah satu aplikasi yang menawarkan fitur virtual meeting adalah CloudX. Aplikasi ini dirilis oleh salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel. CloudX merupakan layanan office communication yang menyasar para enterprise. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan komunikasi virtual selama terhubung dengan internet.

Fitur CloudX

Selain memungkinkan penggunanya dalam melakukan komunikasi virtual berupa chat room, voice call, dan video call, CloudX menawarkan sejumlah fitur lainnya. Fitur multi-device misalnya.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses CloudX di berbagai perangkat, baik laptop, komputer, hingga smartphone. CloudX juga didukung dalam Mac OSX maupun Windows.

Dalam melakukan virtual meeting pengguna dapat melakukan sejumlah kegiatan seperti merekam meeting, melakukan share screen, hingga menggunakan fitur virtual whiteboard. Aplikasi ini mendukung hingga 100 partisipan dalam sekali virtual meeting.

Cara mengakses CloudX

CloudX dapat diakses apabila pengguna telah menjadi pelanggan corporate Telkomsel. Jika pelanggan merupakan pelanggan lama corporate Telkomsel, dapat menghubungi account manager Telkomsel. Namun, jika pelanggan merupakan pelanggan baru, dapat menghubungi call center Telkomsel di 188 terlebih dahulu.

Sementara untuk pelanggan reguler, perlu mengisi form CloudX agar dapat dihubungi oleh account manager Telkomsel dan mendapatkan akses untuk login ke aplikasi. Namun, peserta reguler juga dapat mengakses CloudX tanpa login di aplikasi apabila mendapatkan undangan meeting dari host atau penyelenggara.

Cara melakukan CloudX Meeting

Cara ini berlaku untuk host atau penyelenggara meeting yang sudah terdaftar sebagai pengguna CloudX. Selain itu, pengguna juga harus memiliki aplikasi CloudX di perangkat yang digunakan. Ada dua jenis peserta yang bisa diundang dalam CloudX, yakni peserta yang sudah terdaftar sebagai kontak dan peserta yang belum terdaftar sebagai kontak.

Berikut cara untuk melakukan meeting di CloudX dengan peserta yang sudah terdaftar sebagai kontak:

    • Klik perintah Meeting
    • Klik Create Meeting
    • Klik Invite IM Contacts, lalu pilih kontak yang akan diundang sebagai peserta meeting.
    • Klik Invite and Start Meeting.
    • Klik Start Now jika peserta meeting sudah berkumpul

Sementara untuk mengundang peserta yang tidak terdaftar dalam kontak bisa dilakukan dengan dua cara, yakni mengundang dari e-mail atau meng-copy link untuk dikirimkan lewat media selain e-mail. Berikut caranya:

    • Klik perintah Meeting
    • Klik Create Meeting
    • Klik Invite Others
    • Pilih Send E-mail Invite jika ingin mengirimkan undangan lewat e-mail. Pilih Copy Meeting Link, jika ingin mengirimkan undangan lewat media selain e-mail.
    • Kirim link
    • Klik Start Now untuk memulai meeting

Baca juga artikel terkait CLOUDX atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora
DarkLight