Cara Melacak HP yang Hilang, Bisakah Menggunakan IMEI?

Oleh: Rizal Amril Yahya - 4 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Bisakah IMEI digunakan untuk melacak HP atau smartphone yang hilang?
tirto.id - Perkembangan teknologi membuat gawai tak hanya berguna sebagai alat menelepon atau berkirim pesan. Gawai pada masa kini mampu menjadi alat untuk bekerja hingga melakukan transaksi.

Pengguna umumnya menyimpan data-data pribadi seperti identitas, kontak-kontak penting, hingga bukti-bukti pembayaran di dalam smartphone-nya.

Oleh karenanya, ketika gawai hilang, tertinggal, atau dicuri pengguna seringkali akan kebingungan dan panik. Lantas, apakah gawai yang hilang atau dicuri dapat dilacak?

Dilansir Antara, pengguna yang kehilangan gawainya dapat memanfaatkan nomor IMEI untuk membantu pelacakan gawai yang hilang.

IMEI atau International Mobile Equipment Identity, merupakan nomor unik yang terdiri dari 14 hinga 16 digit nomor. Biasanya nomor IMEI tertera pada bagian belakang gawai atau di kardus hotel bagian luar.

Ketika mengalami kehilangan atau pencurian gawai, pengguna dapat mendatangi operator ponsel untuk memblokir aktivitas gawai yang hilang dengan memberikan nomor IMEI gawai tersebut.

Selain itu, pengguna juga dapat melaporkan kehilangan gawai ke kepolisian. Nomor IMEI yang disertakan dalam pelaporan akan digunakan pihak kepolisian untuk melacak gawai yang hilang.

Hingga saat ini, pengguna belum bisa melacak gawai yang hilang atau dicuri secara pribadi dengan menggunakan nomor IMEI. Pemblokiran atau pelacakan gawai menggunakan IMEI hanya bisa dilakukan pihak operator ponsel atau kepolisian saja.

Hati-hati pada hoaks yang menyebutkan, gawai dapat dilacak dengan mengirimkan email ke alamat tertentu. Dilansir dari Kominfo, hal tersebut adalah praktik phishing.

Phishing merupakan praktik penipuan untuk mendapatkan data pribadi seseorang dengan menggunakan tautan atau link tertentu. Data pribadi yang didapat dalam praktik phishing ini nantinya akan dijual ke pihak-pihak macam sales kartu kredit, kredit tanpa agunan, iklan, dan lain-lain.

Melacak Gawai Secara Pribadi


Meski IMEI tak dapat digunakan untuk melakukan pelacakan gawai secara pribadi, terdapat cara lain yang dapat pengguna gawai lakukan ketika mengalami kehilangan/pencurian.

Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pencarian gawai bawaan, seperti Google Find My Device (Android).

Selain melakukan pelacakan lokasi gawai secara real-time, aplikasi-aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengunci, menderingkan, dan menghapus data gawai yang hilang atau dicuri.

Namun, pelacakan menggunakan aplikasi pelacakan gawai ini dapat dilakukan hanya jika:
  1. Gawai yang hilang harus tetap aktif.
  2. Akun Google yang digunakan untuk melacak, harus merupakan akun yang sama dengan yang ada di gawai yang hilang.
  3. Gawai yang hilang harus terhubung dengan internet.
  4. Untuk memanggil/menelepon gawai yang hilang, nomor kontak harus dikaitkan dengan Akun Google.
  5. Gawai yang hilang harus dalam keadaan GPS/lokasi yang diaktifkan.
  6. Fitur Google Find My Device harus diaktifkan.
Aplikasi Google Find My Device dapat diunduh di sini.


Baca juga artikel terkait CARA MELACAK HP HILANG atau tulisan menarik lainnya Rizal Amril Yahya
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Rizal Amril Yahya
Penulis: Rizal Amril Yahya
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight