Cara Lihat Faskes Vaksin Semarang di covid19.go.id/faskesvaksin

Oleh: Shulfi Ana Helmi - 29 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara melihat fasilitas kesehatan vaksin di Kota Semarang melalui laman covid19.go.id/faskesvaksin.
tirto.id - Vaksinasi merupakan tahapan penting dalam serangkaian upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Hingga kini, pemerintah masih terus menggalakkan vaksinasi bagi masyarakat Indonesia.

Kota Semarang menjadi salah satu daerah yang terus menggenjot percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Dilansir dari website resmi Pemerintah Kota Semarang, per tanggal 6 Juli 2021, Pemerintah Kota Semarang menaikkan target sebanyak 10.000 vaksin per hari, dari target sebelumnya yaitu 5.000 per hari.

Per tanggal 29 Juli 2021, total penerima vaksin Covid-19 di Kota Semarang telah mencapai 1.068.230 orang.

Dilansir dari situs resmi covid19.go.id, pelayanan vaksinasi covid-19 dilaksanakan di fasilitas kesehatan milik pemerintah baik pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota atau milik swasta yang telah memenuhi persyaratan. Adapun fasilitas kesehatan yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 meliputi:

1. Puskesmas atau puskesmas pembantu
2. Klinik
3. Rumah Sakit
4. Unit pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)

Selain itu, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas juga dapat membuat pos pelayanan vaksinasi Covid-19. Saat ini, lokasi pelayanan vaksinasi terdekat sudah dapat dilacak melalui laman https://covid19.go.id/faskesvaksin.


Cara Pencarian Fasilitas Kesehatan di Kota Semarang

Pemerintah Kota Semarang juga terus membuka sentra pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk menggencarkan pelaksanaan program vaksinasi. Untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan di Kota Semarang yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 dapat dilaksanakan dengan cara berikut:

1. Buka laman web https://covid19.go.id/faskesvaksin;
2. Ketik Jawa Tengah pada kolom menu Provinsi;
3. Ketik Kota Semarang pada kolom menu Kabupaten/Kota;
4. Lalu, klik cari sekarang.

Setelah itu akan muncul daftar Fasilitas Kesehatan di Kota Semarang yang melayani vaksinasi Covid-19. Daftar tersebut juga telah dilengkapi dengan alamat lengkap, nomor telepon, hingga peta lokasi fasilitas kesehatan tersebut.


Manfaat Vaksin Covid-19

Vaksin merupakan produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme yang diolah sedemikian rupa sehingga aman untuk digunakan. Vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

Dengan pemberian vaksin, tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit, mengenali, dan kemudian tahu bagaimana melawannya.

Sebagaimana vaksin yang lainnya, vaksin Covid-19 akan menstimuli kekebalan spesifik dalam tubuh. Dengan demikian, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan agar tidak tertular atau sakit berat akibat inveksi virus Covid-19.

Pemerintah Indonesia sendiri telah menyediakan vaksin Covid-19 yang telah lolos uji klinis dan terbukti aman. Vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia juga telah mengantongi Izin Penggunaan Pada Masa Darurat (Emergency Use of Authorization/ EUA) dari BPOM.

Masyarakat diimbau untuk melakukan vaksinasi COVID-19 dengan dosis lengkap dan sesuai jadwal yang dianjurkan. Tak hanya itu, disiplin perilaku 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) juga harus selalu diterapkan sebagai upaya agar terhindar dari COVID-19.


Baca juga artikel terkait VAKSIN KOTA SEMARANG atau tulisan menarik lainnya Shulfi Ana Helmi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Shulfi Ana Helmi
Penulis: Shulfi Ana Helmi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight