Cara Lihat Arsip Cerita Facebook: Mengaktifkan & Menonaktifkannya

Kontributor: Ririn Margiyanti, tirto.id - 30 Jul 2022 12:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cerita atau story di Facebook dapat dilihat kembali melalui arsip, diaktifkan, maupun dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
tirto.id - Media sosial Facebook (FB) memiliki fitur cerita atau story yang bisa dinikmati penggunanya. Fitur berbagi cerita ini dapat disimpan dalam arsip, diaktifkan, maupun dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Dilansir dari Statista, Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat dan India.

Per Januari 2022, jumlah pengguna aktif Facebook dari Indonesia mencapai 129 juta.

Meskipun menjadi salah satu media sosial yang sering digunakan, kemungkinan masih ada pengguna yang belum mengetahui cara untuk menggunakan fitur-fitur Facebook yang beragam. Termasuk salah satunya, fitur cerita.

Cara Melihat Arsip Cerita Facebook


Story atau cerita di Facebook merupakan fitur berbagai gambar, pesan, dan unggahan lainnya yang dibatasi waktu. Artinya, unggahan cerita Facebook otomatis akan terhapus atau hilang setelah 24 jam.

Kabar baiknya, Facebook memliliki fitur arsip yang memungkinkan setiap pengguna dapat mengakses kembali cerita yang dibuat meskipun telah terhapus karena masa postingan habis. Fitur arsip yang dimiliki oleh Facebook ini akan secara otomatis menyimpan unggahan cerita yang telah dibuat.

Selain dapat menyimpan cerita secara otomatis, fitur tersebut juga dapat menampilkan daftar akun mana saja yang telah melihat cerita atau story yang dibuat di Facebook. Mengutip Pusat Bantuan Facebook, berikut cara melihat arsip cerita di media sosial tersebut:

  1. Buka Facebook lalu ketuk ikon tiga garis yang ada di kanan atas halaman utama;
  2. Ketuk ikon titik tiga di bawah foto sampul;
  3. Ketuk "Arsip" lalu pilih "Arsip Cerita" yang terdapat di bagian atas.

Perlu diketahui bahwa story hanya menyimpan unggahan cerita atau story yang sudah dipasang selama 24 jam atau lebih. Apabila unggahan story sudah dihapus sebelum 24 jam, maka tidak akan tersimpan di arsip secara otomatis.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Arsip Cerita Facebook


Fitur arsip cerita di Facebook bisa diaktifkan atau dinonaktifkan. Berikut ini cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan arsip cerita Facebook :

  1. Klik foto profil yang ada di kanan atas Facebook;
  2. Klik lainnya di bawah foto sampul, lalu klik "Arsip Cerita";
  3. Klik di kanan atas;
  4. Di bawah Pengaturan Arsip Cerita, klik "Aktifkan Arsip Cerita" atau "Nonaktifkan Arsip Cerita."


Baca juga artikel terkait FITUR FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Ririn Margiyanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yonada Nancy

DarkLight