Kampanye COVID-19

Cara Kurangi Risiko Tertular Covid-19 Selama Musim Liburan

Penulis: Dhita Koesno - 20 Des 2021 08:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Tips mengurangi risiko tertular virus Corona Covid-19 selama musim liburan.
tirto.id - Libur akhir tahun termasuk saat yang paling ditunggu-tunggu banyak orang, karena selain dapat merencanakan liburan bersama keluarga, waktu itu juga bisa jadi ajang pertemuan keluarga dan teman.

Tetapi pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung dan varian Omicron baru tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri.

Presiden Jokowi pun mengajak masyarakat untuk menjaga situasi Indonesia tetap baik dan mencegah penularan Covid-19 dengan tetap selalu waspada dan memperketat protokol kesehatan.

“Kita pertahankan jumlah kasus aktif agar tetap rendah. Tingkat penularan kita awasi agar bertahan di bawah satu. Jangan sampai itu melonjak lagi,” ujar Presiden dalam keterangan persnya melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/12/2021).

Agar tetap dalam keadaan aman selama liburan, beberapa tips di bawah ini dapat diterapkan oleh Anda dan keluarga demi menikmati musim liburan yang sehat seperti dilansir laman Unicef:

1. Sadar akan risiko

Tingkat risiko sangat tergantung di wilayah mana kita berada. Ikuti panduan dari pemerintah setempat tentang penularan COVID-19 dan tingkat vaksinasi di daerah Anda.

Di tempat-tempat dengan tingkat penularan COVID-19 yang rendah dan tingkat vaksinasi yang tinggi, biasanya risikonya lebih kecil, tetapi orang yang tidak divaksinasi, termasuk anak-anak, masih dapat berisiko terinfeksi.

Tetap lakukan tindakan pencegahan dengan langkah #IngatPesanIbu 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker di dekat orang lain, dan sering mencuci tangan.

Untuk melakukan pertemuan tatap muka, pertimbangkan apakah orang lain telah melakukan vaksin menyadari tindakan pencegahan, dan berapa lama melakukan pertemuan. Periode waktu yang lebih singkat memiliki risiko yang lebih kecil.

2. Dapatkan vaksinasi

Vaksin COVID-19 yang disetujui WHO aman dan telah terbukti sangat efektif dalam melindungi dari penyakit parah dan kematian akibat COVID-19.

Vaksin juga membantu melindungi orang-orang di sekitar Anda. Tidak ada vaksin yang menawarkan perlindungan 100 persen, jadi penting untuk terus mengambil tindakan pencegahan demi melindungi diri sendiri dan orang lain bahkan setelah divaksinasi.

Ini termasuk memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara teratur.

3. Jika merasa sakit, tetap di rumah

Jangan menghadiri atau mengadakan pertemuan jika Anda atau seseorang dalam keluarga sedang sakit atau memiliki gejala COVID-19. Tetap di rumah, ikuti saran dokter, dan bantu hentikan penyebaran COVID-19.

4. Pertimbangkan setiap rencana perjalanan dengan hati-hati

Semua perjalanan memiliki risiko terkena atau menyebarkan COVID-19. Sebelum Anda bepergian, periksa apakah COVID-19 menyebar di daerahatau di salah satu tempat yang Anda tuju.

Jika memilih untuk bepergian, cobalah untuk menghindari bepergian pada waktu sibuk.

Periksa pembatasan perjalanan, perintah tinggal di rumah, karantina dan persyaratan pengujian di area Anda tinggal, dan semua tempat yang akan dikunjungi.

Perlu diingat, kebijakan dapat berubah dengan sedikit pemberitahuan sebelumnya dan rencana perjalanan Anda mungkin terganggu. Jika terbang, periksa dengan cermat persyaratan perjalanan maskapai penerbangan Anda.

Saat kembali ke rumah, ikuti rekomendasi atau persyaratan dari otoritas setempat, dan terus ikuti semua tindakan pencegahan utama, termasuk mengamati gejala COVID-19 dan mencari saran medis jika risiko penularan berkembang.

5. Lakukan tindakan pencegahan saat berada di tempat umum

Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan utama yang dapat Anda dan keluarga lakukan saat berada di luar:

  • Hindari tempat ramai, ruang terbatas dan tertutup dengan ventilasi yang buruk, dan cobalah untuk mempraktikkan jarak fisik dari orang-orang di depan umum, menjaga jarak setidaknya 1 meter antara Anda dan orang lain
  • Kenakan masker saat berada di tempat umum di mana COVID-19 tersebar luas dan jarak fisik tidak memungkinkan
  • Sering-seringlah mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau hand rub berbasis alkohol
  • Hindari menyentuh wajah (mata, hidung, mulut)
  • Cari perawatan medis lebih awal jika Anda atau anak Anda mengalami demam, batuk, kesulitan bernapas, atau gejala COVID-19 lainnya.
6. Hindari pertemuan besar

Ruang yang penuh sesak, terbatas dan tertutup dengan ventilasi yang buruk dan pertemuan massal seperti konser, acara, dan pesta dapat sangat berisiko.

Jika memungkinkan, melakukan pertemuan di luar ruangan lebih aman.

Namun jika berencana untuk berkumpul dengan teman dan keluarga dari rumah yang berbeda, pertimbangkan untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra sebelum Anda bertemu, seperti melakukan tes COVID-19 jika tersedia.

Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad




Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight