Cara Kunci dan Buka WhatsApp Pakai Face ID atau Sidik Jari di iOS

Oleh: Ibnu Azis - 4 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi WhatsApp di iOS kini bisa dikunci dan dibuka menggunakan Face ID atau Touch ID.
tirto.id - WhatsApp menambahkan 2 fitur keamanan di perangkat iOS, yakni Face ID dan sidik jari (Touch ID), pekan lalu, menurut laman WA Beta Info, dilansir Senin (4/2/2019). Lantas, bagaimana cara buka dan kunci aplikasi WhatsApp menggunakan 2 fitur ini?

Bagi pengguna iOS yang ingin merasakan 2 fitur keamanan baru itu, wajib memutakhirkan aplikasi WhatsApp-nya ke versi terkini, yakni 2.19.20. Pengguna iPhone dan iPad bisa melakukan update di App Store, gratis.

Saat mengunjungi toko aplikasi Apple itu pada Senin sore, WhatsApp versi 2.19.20 memang sudah mendukung 2 fitur keamanan tersebut.

"Anda sekarang dapat membuka WhatsApp menggunakan Face ID atau Touch ID. Aktifkan fitur Screen Lock untuk memulai," tulis App Store di diskripsi WhatsApp versi 2.19.20.


Cara Kunci dan Buka WhatsApp Menggunakan Face ID atau Touch ID

Melansir laman Macrumors, untuk menggunakan fitur keamanan baru WhatsApp ini, pengguna iOS wajib mengaktifkan terlebih dahulu Face ID dan Touch ID perangkat di menu pengaturan.

Caranya, masuk ke Settings > Account > Privacy, lalu pengguna akan disodorkan opsi untuk mengaktifkan Face ID atau Touch ID, sesuai dukungan perangkat iOS masing-masing.

Kemudian, aktifkan toggle Require Face ID atau Require Touch ID, dan jangka waktu aplikasi WhatsApp untuk mengunci aplikasi secara otomatis, dari Immediately (usai keluar dari aplikasi WhatsApp) hingga 1 jam.

Lantas bagaimana cara membukanya saat terkunci? Tinggal gunakan wajah bagi perangkat yang mendukung Face ID atau jari bila memilih Touch ID.

Bagaimana bila perangkat iOS gagal mengenali identitas pemilik perangkat, baik itu melalui Face ID maupun Touch ID? Pengguna bisa memasukkan Passcode berupa 6 angka numerik untuk membuka WhatsApp.

Sebelum dirilis final, fitur keamanan ini dalam tahap pengembangan selama beberapa pekan dengan nomor versi 2.19.20.19 beta. Kabarnya, untuk perangkat lain akan segera digulirkan, lantaran WhatsApp telah merilis versi beta pada awal Januari lalu.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight