Cara Kirim Angpau Digital Pakai Dompet Elektronik & Daftar Promonya

Oleh: Ibnu Azis - 11 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Tradisi kirim angpau Imlek tahun ini bisa dilakukan secara digital via dompet elektronik untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19.
tirto.id - Angpau yang biasa diberikan pada perayaan Imlek disarankan untuk dikirimkan secara digital melalui dompet elektronik guna meminimalkan risiko penularan COVID-19.

Hal itu diusulkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin belum lama ini dikutip Antaranews.

"Saya sama dengan Pak Menteri Agama pernah terima angpau juga, tapi walaupun amplop merahnya seru, yang lebih seru kan yang di dalam amplop merahnya," ujarnya pada 4 Februari 2021.

"Kita bisa juga melakukan itu, mengirimkannya [isi] amplop merah itu dengan digital, sekarang sudah sangat mudah," sambung mantan wakil menteri BUMN itu.

Perayaan Imlek tahun ini yang akan jatuh pada 12 Februari 2021, kata Budi, hendaknya dirayakan dengan cara sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya lantaran masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Selain tradisi memberi angpau, perayaan Imlek tahun ini juga bisa memanfaatkan layanan digital agar dapat dinikmati oleh banyak orang tanpa menimbulkan kerumunan yang dapat meningkatkan risiko penularan virus Corona.

"Imlek itu adalah event di mana kita bisa nonton barongsai, kita bisa nonton barongsai tapi ditampilkan di YouTube," kata Menkes.


Cara Kirim Angpau Secara Digital

Layanan dompet elektronik atau e-wallet saat ini menjamur yang masing-masing menawarkan fitur, kelebihan, dan promo yang tak jauh berbeda. E-wallet memudahkan masyarakat dalam bertransaksi non-tunai.

Berikut ini cara untuk mengirim angpau secara digital melalui berbagai layanan dompet elektronik yang tersedia di Indonesia yang diperuntukkan untuk sesama pengguna e-wallet terdaftar.

GoPay

1. Buka aplikasi Gojek.

2. Klik Bayar pada halaman utama aplikasi Gojek.

3. Ketikkan nama atau nomor ponsel teman kamu untuk kirim saldo GoPay.

4. Atau, kamu dapat memilih langsung dari daftar pilihan kontak teman GoPay kamu.

5. Masukkan jumlah nominal saldo yang ingin ditransfer, lalu klik Konfirmasi.

6. Tambahkan ikon tema dan pesan catatan. Pastikan kamu memilih Tambahin jadi temen di GoPay jika kamu baru pertama kali mengirimkannya kepada dia. Pilih mode privasi Teman jika kamu ingin momen kiriman ini dapat dilihat oleh teman GoPay-mu dan teman GoPay penerima. Atau pilih Rahasia jika hanya ingin dilihat olehmu dan penerima saja.

7. Masukkan PIN GoPay kamu, kemudian transfer saldo GoPay kamu berhasil. Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa kamu telah berhasil melakukan transfer saldo GoPay kepada teman kamu.

8. Lihat momen kiriman saldo GoPay kamu di GoPay Feed.

Dikutip dari laman resmi GoPay, pengguna harus melakukan upgrade akun GoPay terlebih dahulu sebelum melakukan transfer saldo GoPay ke pengguna lain.

OVO

1. Buka aplikasi OVO.

2. Pilih menu Antar OVO.

3. Masukkan nomor ponsel penerima OVO/pilih dari Kontak Anda.

4. Masukkan jumlah nominal transfer (minimal transfer Rp10.000).

5. Ketuk Lanjutkan untuk menyelesaikan transaksi

Dilansir laman resmi OVO, untuk menggunakan opsi Transfer di aplikasi OVO pastikan akun Anda sudah Premier. Menu Transfer tersedia di laman Home aplikasi OVO.

LinkAja

1. Buka aplikasi LinkAja.

2. Pilih menu kirim uang di aplikasi LinkAja.

3. Pilih tujuan transfer ke nomor ponsel sesama LinkAja atau rekening bank.

4. Masukkan nomor ponsel/nomor rekening tujuan.

5. Masukkan PIN dan saldo langsung terkirim.

6. Cek SMS untuk konfirmasi pengiriman.

DANA

1. Buka aplikasi DANA.

2. Ketuk menu Kirim.

3. Ketuk menu Kirim ke Nomor Telepon.

4. Masukkan nomor ponsel atau ambil dari daftar kontak.

5. Masukkan nominal yang akan dikirim lalu ketuk Lanjut.

6. Cek kembali sebelum ketuk KIRIM DANA.

7. Terakhir tahap konfirmasi dengan memasukkan 6 angka PIN DANA.


Promo Dompet Digital Februari

Baik GoPay, OVO, LinkAja, maupun DANA saat ini juga menghadirkan promo seru yang bisa dimanfaatkan penggunanya. Berikut ini daftar masing-masing promo e-wallet tersebut untuk bulan Februari.

GoPay

GoPlay menghelat promo 'GoPay PayLater: Selebrasi Februari' yang berlangsung sepanjang bulan Februari 2021. Berikut daftarnya:

  • 1-28 Februari 2021: Promo BAPER (Balapak Ngejar Cashback)
  • 1-21 Februari 2021: Selebrasi Februari
  • 1-28 Februari 2021: PayLater x MyTelkomsel
  • 8-14 Februari 2021: Serbu Kejutan Seru

Untuk informasi selengkapnya mengenai promo tersebut bisa cek melalui tautan ini.

OVO

OVO menghelat promo 'BOOM!' yang berlangsung hingga 14 Februari 2021. Promo ini menawarkan diskon hingga cashback untuk belanja online maupun kuliner. Selengkapnya cek di sini.

LinkAja

LinkAja menawarkan fitur berbagai angpau melalui layanannya yang akan diterima penerima dalam bentuk Saldo Bonus. Ada pula promo hemat hingga 50 persen untuk belanja online di e-commerce tertentu, selengkapnya cek di sini.

DANA

DANA menghelat promo 'Xiap Cuan' yang memungkinkan penggunanya berkesempatan mendapatkan DANA Angpau total Rp500 juta, berlangsung 9-19 Februari 2021.

Caranya, pengguna kirim uang dengan jumlah tertentu untuk mendapatkan 1 token DANA Angpau setiap transaksi. Maksimal 5 token DANA Angpau selama periode promo berlangsung. Selengkapnya cek di sini.


Baca juga artikel terkait IMLEK atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight