Cara & Ketentuan untuk Melakukan Pembatalan Tiket Kereta Api

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 1 April 2020
Dibaca Normal 2 menit
Pembatalan tiket karena kereta api dibatalkan perjalanannya bisa dilakukan melalui KAI Access paling lambat tiga jam sebelum jadwal KA ataupun di seluruh stasiun daring hingga H+30.
tirto.id - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan pengembalian bea tiket kereta api yang perjalanannya dibatalkan atau dihentikan sementara bisa dilakukan pada hari H keberangkatan sampai H+30 keberangkatan secara tunai, Rabu (1/4/2020).

"Per 1 April ini, ada 52 kereta api jarak jauh yang melewati Daop 5 Purwokerto serta empat KA lokal Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang dihentikan sementara perjalanannya sejak 31 Maret kemarin, PT KAI (Persero) membatalkan perjalanan KA Anjasmoro relasi Jombang-Purwokerto-Pasarsenen PP," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melansir laman Antara News.

Sehingga menurutnya hingga saat ini tersisa 32 perjalanan KA jarak jauh dari total 83 perjalanan KA jarak jauh per hari yang melewati wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto ke berbagai tujuan.

Terkait dengan hal itu, ia mengatakan bagi calon penumpang yang perjalanan kereta apinya dibatalkan, PT KAI (Persero) akan mengembalikan bea tiket sebesar 100 persen di luar biaya pemesanan.

Menurut dia, pengembalian bea tiket dilakukan secara tunai langsung pada hari H keberangkatan sampai dengan 30 hari setelah tanggal yang tertera pada tiket.

"Jadi, apabila penumpang KA yang dibatalkan pada 1 April, diberi waktu hingga 30 April untuk membatalkan tiketnya dan mendapatkan pengembalian bea tiket," jelasnya.

Supriyanto mengatakan kebijakan membatalkan atau menghentikan sementara perjalanan sejumlah kereta api itu diambil PT KAI (Persero) sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus corona (COVID-19) yang terus meningkat dan berdampak pada penurunan okupansi penumpang KA.

Selain itu, kata dia, kebijakan tersebut juga sesuai dengan arahan pemerintah yang meminta agar masyarakat mengurangi mobilitasnya di luar rumah.

Kendati demikian, dia mengatakan ada dua jenis pembatalan tiket, yakni:

1. Pembatalan tiket karena perjalanan kereta apinya dibatalkan

2. Pembatalan tiket atas keinginan calon penumpang untuk KA yang masih dijalankan.

Ketentuan dan cara pembatalan tiket kereta api


1. Pembatalan tiket karena ketera api dibatalkan.

Bagi calon penumpang yang membatalkan tiket karena perjalanan kereta apinya dibatalkan bisa mendapatkan kesempatan untuk pengembalian bea sebesar mulai hari H jadwal keberangkatan di tiketnya hingga 30 hari ke depan.

Pembatalan bisa dilakukan melalui KAI Access paling lambat tiga jam sebelum jadwal KA ataupun di seluruh stasiun daring hingga H+30.

2. Pembatalan tiket karena keinginan sendiri

Pembatalan tiket atas keinginan calon penumpang terhadap KA yang masih dijalankan, juga bisa mendapatkan pengembalian tiket sebesar 100 persen.

Pembatalan bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access paling lambat tiga jam sebelum jadwal KA atau di stasiun pembatalan paling lambat 30 menit sebelum jadwal yang tertera di tiketnya dan bea akan dikembalikan 30 hari setelah proses pembatalan.

"Kami mengimbau calon penumpang untuk pembatalan tiketnya melalui aplikasi KAI Access. Hal ini untuk menghindari kerumunan di loket serta penerapan physical distance," katanya.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Melalui Aplikasi KAI Access di Ponsel


1. Pilih Menu My Trips

Pada menu My Trips, pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan.

Tiket yang dibeli melalui channel eksternal, misalnya Traveloka, Tokopedia, gerai Alfamart, Indomaret, Alfamidi, kantor pos, Tiket.com, dan lainnya juga bisa dilakukan pembatalan tiket di KAI Access.

Syaratnya, satu di antara nomor identitas dalam tiket, sesuai dengan nomor identitas akun KAI Access yang telah terdaftar.

2. Pembatalan

Pada menu E-Ticket, klik "Pembatalan".

Tombol "Pembatalan" hanya dapat dipilih jika kode booking berstatus LUNAS/PAID dan maksimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.

3. Pilih Nama Penumpang

Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket perjalanan kereta.

4. Lanjutkan

Baca halaman Syarat dan Ketentuan, kemudian centang untuk setuju.

Lanjutkan proses pembatalan.

5. Masukkan Akun Bank

Masukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian bea (refund), kemudian lanjutkan proses pembatalan.

6. Konfirmasi

Pada halaman ini, pastikan pembatalan tiket perjalanan sesuai dengan yang kamu pilih pada tahap sebelumnya.

7. Yakin?

Klik tombol "Konfirmasi dan Lanjutkan" pada halaman konfirmasi pembatalan.

Kemudian, pastikan kamu yakin akan melakukan pembatalan tiket.

8. Berhasil

Setelah melalui proses di atas, proses pembatalan tiket telah berhasil.

Detail syarat dan ketentuan pembatalan melalui aplikasi KAI Access dapat dibaca pada kolom "Syarat dan Ketentuan Pembatalan Secara Online" di nomor 4.

Selain itu, pengembalian bea (refund) biasanya dilakukan setelah hari ke-30 hingga hari ke-45.

Pengembalian bea hanya melalui transfer bank ke satu penumpang dalam kode booking tersebut.

Oleh karena itu, pastikan nomor rekening dan nama pemohon pembatalan sama dengan nama yang terdaftar pada buku Rekening Bank Pemohon.


Baca juga artikel terkait CARA MEMBATALKAN TIKET KERETA API atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight