Menuju konten utama

Cara Kerja Mesin 2 Tak dan Penjelasan Prinsip Motor 2 Langkah

Berikut ini cara kerja mesin 2 tak dan penjelasan tentang prinsip kerja motor 2 langkah, terutama di sepeda motor.

Cara Kerja Mesin 2 Tak dan Penjelasan Prinsip Motor 2 Langkah
Ilustrasi knalpot motor. Getty Images/iStockphoto.

tirto.id - Cara kerja mesin 2 tak (two stroke) atau motor 2 langkah terbilang sederhana. Sebab, dalam proses pembakaran, hanya perlu dua langkah untuk menggerakkan piston, perangkat yang berperan sebagai inti penggerak mesin motor.

Mesin 2 tak ditemukan pada tahun 1859 oleh ilmuwan Prancis, Etiene Lenoir. Teknologi ini populer di Indonesia sejak sejumlah produk sepeda motor 2 tak dipasarkan oleh pabrikan Jepang ke tanah air pada dekade 1970-an. Hingga akhir tahun 1990-an, motor yang laris di pasar Indonesia didominasi kuda besi dengan mesin 2 tak.

Saat mesin motor bekerja, terjadi 4 proses yaitu hisap (intake), kompresi (compression), ledak (power), dan buang (exhaust) dalam satu siklus pembakaran. Di mesin 2 tak, empat proses itu berlangsung dalam 1 putaran poros engkol (kruk as). Nah, saat 4 proses itu terjadi, pergerakan piston berlangsung 2 kali, yakni ke atas dan ke bawah.

Saat piston bergerak ke atas (disebut Tak 1), terjadi proses hisap dan ledak, dan kemudian pada Tak 2, saat piston bergerak ke bawah, terjadi proses kompresi dan pembuangan. Mesin 2-tak cenderung lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin 4-tak, sehingga rasio berat terhadap tenaganya (power to weight ratio) lebih baik dibandingkan mesin 4-tak. Oleh karena itu, akselerasi motor dengan mesin 2-tak menjadi lebih baik daripada mesin 4 tak.

Namun, mesin 2 tak jauh lebih boros bahan bakar dan menimbulkan polusi lebih banyak daripada mesin 4 tak. Maka itu, pemakaian motor ini pun dibatasi di tanah air.

Prinsip Kerja Motor 2 Tak (2 Langkah)

Prinsip dan struktur dari motor bakar 2 tak berbeda dengan mesin 4 tak. Perbedaan mencolok ada di saat pemasukan bahan bakar, sistim pelumasan pada silinder dan piston, kepala silinder serta saluran gas buangnya pun berbeda dengan motor bakar 4 tak.

Berikut ini prinsip kerja mesin 2 tak:

1. Langkah pertama yakni saat piston bergerak naik. Lubang saluran buang dan saluran bilas tertutup piston dan terjadi pemampatan gas bensin di ruang bakar.

Saat piston berada di atas atau titik mati atas (TMA) terjadi pembakaran karena uap bensin disambut percikan api busi. Kemudian pada piston berada di atas atau TMA, di bawahnya lubang saluran masuk terbuka. Gas bensin baru dari karburator kemudian masuk ke dalam ruang bakar.

2. Langkah kedua, yakni saat piston turun dari TMA lubang saluran buang hasil pembakaran terbuka, yang dimana diikuti lubang saluran bilas.

Selain itu, pada motor bakar 2 tak juga terdapat valve yang berfungsi sebagai katup masuk dan katup penahan campuran bahan bakar dan udara pada ruang engkol.

Valve pada ruang engkol motor bakar 2 tak akan membuka saat piston bergerak dari TMB ke TMA dan menutup saat piston bergerak dari TMA ke TMB.

Pengertian dari Valve sendiri adalah bagian mesin yang berfungsi sebagai penutup saluran dari ruang engkol kesaluran intake. Sehingga campuran bahan bakar dan udara pada ruang engko,l akan naik keatas melalui saluran bilas untuk membantu pembuangan gas buang, serta memasukan campuran bahan bakar dan udara segar kedalam ruang silinder diatas piston.

Apabila tidak diengkapi dengan valve atau katup pada ruang engkol, maka kemungkinan mesin 2 tak tidak akan bisa bekerja.

Baca juga artikel terkait MESIN MOTOR atau tulisan lainnya dari Olivia Rianjani

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Olivia Rianjani
Penulis: Olivia Rianjani
Editor: Addi M Idhom