Cara Jaga Hubungan Seks dengan Pasangan Tetap Baik untuk Waktu Lama

Oleh: Febriansyah - 20 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Setiap pasangan perlu memiliki “sexpectations” dalam menjalani hubungan seksual.
tirto.id - Setelah menjalani hubungan yang lama beberapa orang kerap mulai merasa bosan dengan pasangan mereka. Melakukan hubungan seksual pun jadi jarang dilakukan, padahal berhubungan seksual menjadi salah satu cara menjaga keharmonisan pasangan suami istri.

Bagaimana supaya hubungan seksual dengan pasangan tetap harmonis dalam waktu lama?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psycologhy menyatakan, rahasia kehidupan seks yang panjang dan bahagia dalam suatu hubungan ada pada diri setiap pasangan yang mau memunculkan “sexpectations” mereka. Sepasang kekasih ini juga harus kerja keras untuk memahami aspek seksual dalam hubungan mereka.

Dilansir dari Independent, para peneliti telah menemukan orang-orang memiliki keyakinan implisit atau "sexpectations" yang berbeda. Sexpectation yang dimaksud bisa seperti mempercayai bahwa hubungan seksual yang dilakukan akan selalu menyenangkan. Sehingga hal tersebut bisa berdampak pada hubungan.

“Orang-orang yang percaya pada perkembangan hubungan seksual, menggunakan kehidupan seks mereka sebagai barometer untuk mengukur seberapa baik hubungan yang mereka lakukan dan mereka percaya masalah di kamar tidur sama dengan masalah dalam hubungan secara keseluruhan," jelas Jessica Maxwell yang memimpin penelitian.

Menurut Jessica, orang-orang ini akhirnya percaya pertumbuhan seksual tidak hanya dapat mengatasi masalah seksual mereka, tetapi mereka juga tidak membiarkan itu mempengaruhi kepuasan hubungan mereka.

Penelitian ini melibatkan 1,900 orang dari pasangan seks heteroseksual dan pasangan yang homoseksual. Jessica mencatat, keyakinan akan hubungan seksual ini bekerja dan bermanfaat untuk hubungan yang panjang setelah fase bulan madu dua hingga tiga tahun pertama.

Para peneliti mengambil dan memberi artikel atau majalah yang menunjukkan cerita seksual yang berkaitan dengan kekasih dan rasa seksual para peserta. Peneliti menemukan perempuan lebih cenderung mengonsumsi cerita tentang kekasih dan kisah romantis. Hal itu menunjukkan perempuan lebih percaya jika seks dalam hubungan jangka panjang membutuhkan kerja keras.

“Bisa jadi karena ada beberapa bukti bahwa kepuasan seksual lebih banyak bekerja untuk perempuan, sehingga mereka punya nilai lebih tinggi dalam skala pertumbuhan seksual," jelas Jessica, seperti dikutip Independent.

Pada penelitian yang berbeda, David Frederick, asisten profesor psikologi di Chapman University menjelaskan pasangan yang bertahan lama selalu mencoba beberapa ide-ide baru agar hubungan mereka bertahan lama.

“Hampir separuh dari pasangan yang puas dan tidak puas membaca buku self-help dan artikel majalah seksual, tetapi apa yang membedakan pasangan yang puas secara seksual adalah bahwa mereka benar-benar mencoba beberapa ide,” tuturnya.

Anna Moore, penulis The Guardian mengatakan, seks terbaik bagi pasangan biasanya terjadi setelah 15 tahun hidup bersama.

Salah satu manfaat yang diperoleh dalah hubungan seks pada hubungan yang sudah lama adalah setiap pasangan mulai membuka diri dan jujur. Pada saat melakukannya, seharusnya tidak ada yang disembunyikan, tidak perlu berpura-pura jika sesuatu tidak bermanfaat bagi kita.

“Anda tidak perlu terburu-buru seperti yang diperlihatkan oleh film Hollywood atau seperti pada saat Anda muda. Dalam hubungan yang sudah panjang, Anda harus benar-benar menikmatinya dan jujur pada passangan,” jelas Emma Waring, seorang perawat perawat psikoseksual dari London, seperti dikutip The Guardian.


Baca juga artikel terkait SEKS atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Febriansyah
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight