Cara Instal Windows 11 Beta dan Spesifikasi Minimum Perangkat

Oleh: Ibnu Azis - 2 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara instal Windows 11 beta pada komputer, laptop, atau PC tak sulit. Cari tahu spesifikasi minimum perangkat yang mendukung OS baru Mircosoft itu di sini.
tirto.id - Pengguna Microsoft kini dapat mencoba Windows 11 yang sekarang telah digulirkan ke beta channel. Para penguji beta dalam Windows Insider Program yang tidak menggunakan dev channel pun dapat menerima update ini asalkan spesifikasi perangkatnya mendukung.

Dikutip dari The Next Web, Senin (2/8/2021), versi beta dalam beta channel biasanya jauh lebih stabil untuk digunakan pada PC utama daripada dev channel. Menurut Microsoft, beta channel adalah sasaran yang tepat karena umpan baliknya berdampak besar.

Sebelumnya Microsoft hanya menyarankan Windows 11 beta diinstal oleh para pengguna yang benar-benar ahli atau mereka dari kalangan developer, lantaran tidak stabil dan banyak bug. Kini versi beta dari Windows 11 dapat dicoba oleh semua orang.

Dikutip dari Blog Windows, versi Windows 11 beta yang telah dirilis adalah dengan nomor build 2200.100. Versi ini tersemat sejumlah fitur baru, seperti menu pengaturan anyar, menu Start yang didesain ulang, taskbar baru, Widget, Action Center, dan lainnya.

Sebelum mencoba Windows 11 beta, pastikan perangkat yang akan diinstal OS terbaru dari Microsoft itu mendukungnya. Berikut spesifikasi minimum perangkat yang mendukung Windows 11:

  • Prosesor 1Ghz setidaknya 64-bit dual-core
  • RAM minimal 4GB
  • Penyimpanan minimal 64GB
  • TPM versi 2.0
  • Boot Aman dan mampu UEFI
  • Resolusi layar minimal 720p (1.366 x 768 piksel)
  • Kartu grafis mendukung DirectX 12 ke atas dengan WDDM 2.0 driver
  • Setidaknya monitor 9 inci
  • Koneksi internet

Pengguna Windows 10 bisa mencoba Windows 11 beta dengan bergabung di Windows Insider Program. Meski lebih stabil, Windows 11 beta juga masih memiliki bug dan crash. Bila tak ingin menjumpai kekurangannya, pengguna diminta menunggu versi finalnya.


Sementara bagi pengguna yang sudah tergabung dalam dev channel di Windows Insider Program dapat beralih ke beta channel. Caranya masuk ke Settings > Windows Update > Windows Insider Program > Choose your Insider Settings > Beta Channel.

Bila spesifikasi perangkat mendukung, berikut cara menginstal Windows 11 beta:

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih Update & Security
  3. Klik Windows Insider Program
  4. Pilih Get Started
  5. Hubungkan akun Microsoft
  6. Klik channel Beta pada pengaturan Windows Insider Program
  7. Restart perangkat
  8. Setelah menyala, masuk ke Settings
  9. Pilih Update & Security
  10. Klik Check for Updates untuk melihat apakah update Windows 11 tersedia
  11. Download dan instal sesuai petunjuk pada layar

Windows 11 pertama kali diumumkan Microsoft pada 24 Juni 2021. Hal mencolok dari OS ini adalah desain antarmukanya yang dirancang ulang untuk produktivitas, kreativitas, dan kemudahan pengguna.

Sementara itu, Microsoft telah menentukan jadwal dukungan terakhir mereka terhadap Windows 10. Dikutip dari The Verge, dukungan akan berakhir pada 14 Oktober 2025 atau lebih dari 10 tahun sejak OS ini dirilis.


Baca juga artikel terkait WINDOWS 11 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight