Cara Edit Foto Menjadi Kartun Pakai Aplikasi di Android

Oleh: Septiany Amanda - 19 Agustus 2020
Dibaca Normal 3 menit
Para pengguna smarphone android bisa mengedit foto menjadi kartun dengan sejumlah aplikasi yang tersedia di Google Play Store.
tirto.id - Kartun merupakan salah satu kenangan terbaik masa kecil bagi setiap orang. Bagi banyak anak-anak, kartun menjadi salah satu hiburan utama pada saat menonton layar televisi. Oleh karena itu, tayangan kartun pun seakan ikut mendukung imajinasi anak-anak.

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuat banyak anak-anak sangat menyukai kartun dan kemungkinan memang ada hubungannya dengan masa transisi saat mereka menjadi lebih dewasa.

Tiffany Mann, spesialis anak bersertifikat di Providence Health & Services, menjelaskan bahwa usia anak dapat berpengaruh terhadap jenis tayangan televisi dan film yang mereka sukai. Kartun yang berbentuk animasi dapat memenuhi kebutuhan otak kecil anak-anak pada masa pertumbuhan dan perkembangannya.

"Kartun memiliki ciri khas dengan warna-warna yang cerah, berbagai tingkat gerakan, tema atau pesan sederhana untuk dipahami anak-anak, durasi yang lebih singkat, beragam suara, dan rangsangan lain yang menarik minat anak-anak," kata Mann, seperti dikutip dari Romper.

Seolah membangkitkan kenangan banyak orang akan masa kecil, pada era digital saat ini tersedia sejumlah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto menjadi seperti kartun. Aplikasi edit foto kartun ini bisa digunakan langsung melalui smartphone, termasuk yang berbasis OS Android.

Dengan bantuan aplikasi semacam itu, pengguna smartphone Android memiliki kesempatan untuk mengedit foto menggunakan filter Kartun atau Comic. Selain bisa untuk menambah kolase foto di media sosial, Aplikasi seperti ini dapat digunakan buat menikmati waktu luang.

Sejumlah aplikasi edit foto menjadi kartun di Google Play Store berikut ini mendapatkan penilaian lumayan positif dari para pengguna. Berikut daftar lima aplikasi edit foto menjadi seperti kartun di android dan cara menggunakannya.

1. Cartoon Photo Editor | Pencil Sketch, Pencil Art - Rating 4,9

Cartoon Photo Editor merupakan aplikasi edit foto yang menawarkan fitur editor foto kartun, sketsa pensil, dan seni pensil. Untuk menggunakannya, download aplikasi Cartoon Photo Editor | Pencil Sketch, Pencil Art di Google Play Store. Setelah berhasil terinstal, nama aplikasi tersebut menjadi Cartoon Effect.

Kemudian klik aplikasi tersebut. Setelah itu, pilih kamera atau gallery untuk menentukan foto yang bakal diedit. Lantas, pengguna aplikasi bisa langsung memilih fitur kartun dan menyimpan atau memilih membagikan foto hasil editan ke media sosial seperti whatsapp, facebook, atau instagram.

2. PicsKit Free Photo Editor - Rating 4,6

PicsKit – Free Photo Editor merupakan aplikasi edit foto yang menawarkan fitur 200+ Filter. Fitur mengubah foto ini bisa bekerja dalam hitungan detik dengan filter sun blinds yang unik, efek filter seni dan kartun, serta filter toonme, glaze & avatan artistik lainnya.

Cara menggunakannya: download aplikasi PicsKit – Free Photo Editor di Google Play Store. Setelah berhasil terinstal, klik aplikasi Picskit dilanjutkan dengan memilih Filter Artistik.

Setelah klik Filter Artistik, maka pengguna bisa memilih foto dengan selfie, foto gratis atau foto di galeri untuk menentukan mana yang akan diedit.

Usai menentukan foto yang akan diedit, pengguna tinggal memilih kategori filter Kartun di bagian bawah foto. Setelah memilih dan menentukan filter Kartun, pengguna bisa menyimpan foto atau membagikannya ke media sosial seperti whatsapp, facebook, atau pinterest.

3. Prisma Photo Editor - Rating 4,5

Prisma Photo Editor merupakan aplikasi edit foto yang menawarkan lebih dari 300-an gaya seni di perpustakaan filter seni Prisma. Aplikasi ini memiliki banyak koleksi gaya artistik yang beragam untuk dipilih sebagai favorit bagi penggunanya.

Selain itu, Prisma juga merilis filter seni baru setiap harinya, cukup dengan buka aplikasinya dan pengguna akan menemukan filter harian baru dengan gaya khusus dari waktu ke waktu.

Cara menggunakan aplikasi ini: download dulu aplikasi Prisma Photo Editor di Play Store. Setelah berhasil terinstal, klik aplikasi Prisma.

Lalu, dilanjutkan dengan memilih foto, bisa dengan foto selfie atau mencari foto di galeri. Setelah memilih foto, pengguna aplikasi ini dapat memilih filter kartun sesuai keinginan, atau klik Library untuk memilih dan menambahkan filter dari kategori filter kartun yang lainnya.

Setelah memilih dan menentukan filter yang dipakai, pengguna dapat menyimpan foto hasil editan atau membagikannya di media sosial.

4. Gambar kartun Editor Foto Kartun - Rating 4,5

Gambar Kartun merupakan aplikasi edit foto yang menawarkan fitur filter seni, seniman, efek kartun, gambar dan foto, gaya sketsa dan karya seni di atas kanvas.

Cara menggunakannya: download dulu aplikasi Gambar kartun - Editor Foto Kartun di Google Play Store. Setelah berhasil terinstal, nama aplikasi menjadi Cartoon Pictures.

Kemudian, klik aplikasi tersebut dan dilanjutkan dengan memilih foto, bisa dengan foto selfie atau memilih foto di galeri. Usai memilih, pengguna bisa mengedit foto dengan ukuran yang diinginkan, dan dilanjutkan memilih filter kartun sesuai keinginan.

Setelah memilih dan menentukan filter yang dipakai, foto akan tersimpan otomatis atau pengguna bisa membagikannya di media sosial.

5. Cartoon Photo Editor:Pencil Sketch:Cartoon Effects - Rating 4,2

Cartoon Photo Editor merupakan aplikasi edit foto yang menawarkan fitur sketsa pensil, kartun dan kertas. Di Play Store, nama resmi aplikasi ini adalah Cartoon Photo Editor:Pencil Sketch:Cartoon Effects.

Cara menggunakannya, download dulu aplikasi Cartoon Photo Editor:Pencil Sketch:Cartoon Effects di Google Play Store. Setelah berhasil terinstal, nama aplikasi ini menjadi Cartoon Sketch.

Kemudian, klik aplikasi itu dan dilanjutkan dengan memilih foto di galeri. Setelahnya, pengguna bisa langsung mengedit foto dengan filter kartun, sesuai keinginan.

Setelah memilih dan menentukan filter kartun yang dipakai, foto bisa disimpan atau pengguna bisa membagikannya di media sosial.


Baca juga artikel terkait APLIKASI atau tulisan menarik lainnya Septiany Amanda
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Septiany Amanda
Editor: Addi M Idhom
DarkLight