Cara Download Video Periscope Sebelum Ditutup Twitter Maret 2021

Oleh: Septiany Amanda - 16 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Twitter sudah memblokir pendaftaran akun baru Periscope meski platform ini baru akan ditutup pada Maret 2021 mendatang.
tirto.id - Twitter telah mengumumkan bahwa mereka akan menutup Periscope sebagai layanan pada Maret 2021. Sebagai gantinya Twitter akan menawarkan streaming video langsung dari platformnya melalui fitur Twitter Live yang terintegrasi dalam aplikasi utama Twitter.

"Pertama-tama, kami ingin bersikap transparan tentang alasan kami membuat keputusan ini, terutama bagi Anda yang saat ini merupakan pengguna Periscope yang aktif dan bersemangat. Yang benar adalah bahwa aplikasi Periscope berada dalam status mode pemeliharaan yang tidak berkelanjutan, dan telah berlangsung cukup lama," kata Tim Periscope dalam laman resminya.

"Selama beberapa tahun terakhir, kami telah melihat penurunan penggunaan dan mengetahui bahwa biaya untuk mendukung aplikasi hanya akan terus naik dari waktu ke waktu," sambungnya.

Meski Periscope tidak akan ditutup sepenuhnya hingga Maret 2021, Twitter sudah memblokir pendaftaran akun baru pada pembaruan terkini untuk aplikasi tersebut, yang baru saja dirilis.

"Kami berencana menghapus Periscope dari App Store paling lambat Maret 2021, tapi tidak ada yang dapat membuat akun baru dalam aplikasi mulai rilis berikutnya. Siaran yang dibagikan ke Twitter akan ditayangkan sebagai tayangan ulang, dan semua penyiar akan dapat mengunduh arsip siaran dan data Periscope mereka sebelum aplikasi dihapus pada Maret 2021," lanjut Tim Periscope.

Selain itu, situs web Periscope akan tetap aktif berfungsi sebagai "arsip siaran publik hanya-baca".

Twitter memberikan kesempatan kepada para pengguna untuk mengunduh arsip video Periscope dan datanya sebelum aplikasi ditutup pada 2021. Berikut ini cara melihat dan mengunduh data dan siaran video Periscope, sebagaimana dipaparkan dalam situs resmi Twitter.


Cara Melihat dan Mengunduh Data Periscope

Dasbor data Periscope memberikan akses ke cuplikan informasi terbaru Periscope milik pengguna, termasuk metrik siaran, obrolan, dan personalisasi. Untuk mengakses dasbor data milik pengguna, masuk ke akun Periscope di situs web.

Untuk meminta data milik pengguna, pilih Kirim Permintaan Data di bawah tiga titik pertama di bagian atas dasbor. Setelah permintaan selesai, pengguna akan dapat melihat dasbor di halaman ini dan mengunduh data milik pengguna dengan memilih Unduh File Data.

Unduhan akan valid selama 7 hari. Setelah unduhan habis berlaku, pengguna dapat meminta yang baru, yang akan menyertakan data terbaru milik pengguna.

Cara Mengunduh Video Periscope

Untuk mengunduh siaran milik pengguna, masuk ke akun Periscope di situs web dan buka halaman analitik.

Di samping setiap judul siaran, pilih ikon download untuk mengunduh video. Setelah memilih ini, file zip akan diunduh. Pengguna bisa mengunduh satu siaran dalam satu waktu.

Periscope juga akan "menyesuaikan persyaratan" bagi pengguna "Super Broadcaster," istilah bagi pengguna yang menerima tip dari pengikut mereka untuk dapat menyelesaikan pencairan tip mereka hingga 30 April 2021.


Baca juga artikel terkait TWITTER atau tulisan menarik lainnya Septiany Amanda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Septiany Amanda
Penulis: Septiany Amanda
Editor: Ibnu Azis
DarkLight