Cara Download Aplikasi SIKS Kemensos untuk Cek Kepesertaan Bansos

Oleh: Balqis Fallahnda - 7 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Agar cara download aplikasi SIKS-NG dan cek kepesertaan bansos berhasil, ada 8 langkah yang harus dilakukan. Berikut ini urutannya.
tirto.id - Cara download aplikasi SIKS-NG perlu Anda ketahui sebelum mengecek apakah Anda masuk dalam daftar penerima bantuan sosial pemerintah atau tidak.

Pemerintah merilis aplikasi SIKS-Dataku. Aplikasi tersebut merupakan sebuah aplikasi yang memberikan informasi-informasi yang ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta penerima Bantuan Sosial Pangan, Program Keluarga Harapan dan Penerima Bantuan Iuran sesuai dengan data terkini.

Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) adalah sistem informasi yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pengumpulan, pengolahan, penyajian dan penyimpanan data kesejahteraan sosial yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan.

Dengan aplikasi ini, diharapkan berbagai program bantuan sosial kesejahteraan tepat pada sasaran sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), data kemiskinan yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh Kemensos bersama Pemerintah Daerah.

Aplikasi ini selain dapat dibuat untuk menghasilkan data ringkasan (resume) seperti rekapitulasi, tampilan Web GIS juga menampilkan data hasil perbaikan/pengusulan yang dikerjakan oleh operator di aplikasi berbasis offline dan memprosesnya lebih lanjut sampai menghasilkan (generate) Surat Pengesahan Dinas Sosial setempat langsung dari Sistem Aplikasi.

Selain itu hasil update setiap daerah akan juga dapat langsung diunduh filenya setelah selesai difinalisasi datanya untuk masing-masing periode, Pemindahan rumah tangga antar wilayah dalam satu Kabupaten/Kota juga bisa dapat dilakukan. Demikian sebagaimana ditulis pusdatin.kemensos.go.id.

Download Aplikasi SIKS-NG


Cara download aplikasi SIKS-Dataku cukup mudah, masyarakat hanya perlu membuka Google Play Store bagi pengguna android kemudian cari aplikasi menggunakan kata kunci “SIKS-Dataku” Kementerian Sosial Republik Indonesia. Kemudian tekan tombol Instal. Aplikasi akan terinstal otomatis di smartphone Anda.

Dengan menginstal aplikasi tersebut publik dapat dengan mudah untuk cek status kepesertaan Bansos. Berikut cara cek status kepesertaan Bansos di aplikasi SIKS-Dataku:

  1. Buka aplikasi
  2. Pilih menu Cek Bansos
  3. Pilih ID – (Contoh: Pilih NIK)
  4. Masukan NIK
  5. Ketik nama yang tertera di KTP
  6. Konfirmasi CAPTCHA
  7. Tekan tombol Cari
  8. Keterangan Bansos Anda akan ditampilkan

Publik hanya dapat mengakses rekapitulasi dan progres pemutakhiran. Untuk menu login hanya diberikan kepada pemangku kepentingan agar kerahasiaan informasi terjaga.


Baca juga artikel terkait BANSOS atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yantina Debora
DarkLight