Cara dan Tips Membersihkan Kulkas dan Freezer

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 20 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Lepas bagian-bagian rak dalam kulkas, kemudian semprotkan pembersih ke laci dan rak dalam kulkas dan lap dengan kain yang bersih.
tirto.id - Kulkas yang penuh dengan makanan dan minuman bisa menjadi pemicu kulkas kotor. Sayuran yang tidak dicuci terlebih dahulu, hingga bungkus makanan terkadang masih tersimpan di kulkas hingga menyebabkan sampah menumpuk.

Ada baiknya untuk membersihkan kulkas secara reguler dalam rentang waktu 2-6 bulan sekali. Berikut adalah tips membersihkan kulkas seperti dilansir dari Apartment Therapy:

1. Kosongkan isi kulkas

Kosongkan keseluruhan isi kulkas atau bisa juga dimulai dari beberapa bagian kulkas. Sisihkan dua area untuk mengatur item. Satu area untuk hal-hal yang perlu dibersihkan dan area lain untuk item yang perlu dimasukkan kembali dalam lemari es.

Keluarkan dan buang barang-barang yang perlu disimpan lagi. Periksa tanggal kedaluwarsa makanan atau minuman kaleng yang masih di simpan dalam kulkas.

2. Bersihkan isi kulkas

Kulkas Anda mungkin berisi dengan karton susu atau toples makanan yang tidak bersih. Dengan lap basah, bersihkan bagian bawah barang-barang tersebut dan bersihkan teteran air di bagian samping kulkas.

3. Bersihkan bagian dalam kulkas

Lepas bagian-bagian rak dalam kulkas. Semprotkan pembersih ke laci dan rak dalam kulkas dan lap dengan kain yang bersih. Cuci dengan air sabun hangat dan sisihkan hingga kering. Lebih lanjut, masukkan kembali semua bagian tersebut ke dalam kulkas.

4. Masukkan kembali barang-barang ke dalam kulkas

Setelah rak dan laci terpasang kembali, masukkan semua barang yang baru dibersihkan ke dalam lemari es di bagian masing-masing. Berikan label pada rak untuk memudahkan penyimpanan seperti bagian sayur, bagian buah, makanan kaleng, minuman karton, snack, dan sebagainya.

Sementara, untuk membersihkan freezer diperlukan beberapa cara. Membersihkannya perlu menyisihkan waktu tersendiri karena adanya bunga es di dalamnya. Perlu diingat bahwa lebih baik tidak menggunakan pisau untuk membersihkan bunga es di dalamnya.

Cukup dengan menaikkan suhunya, dan biarkan bunga es mencair begitu saja. Pada umumnya, hal tersebut akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Dilansir dari Merry Maids, Anda perlu air panas, cuka putih suling, botol semprot, kain microfiber, dan sikat gigi tua. Berikut adalah langkat yang dapat ditempuh untuk membersihkannya:

  • Keluarkan makanan dari freezer dan letakkan di pendingin dengan es.
  • Cabut kabel kulkas kurang lebih 1 jam untuk mencairkan bunga es. Pastikan pintu kulkas tidak dibuka tutup selama proses agar lebih maksimal.
  • Campur cuka dan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot lalu semprotkan pada bagian freezer. Lap dengan kain microfiber kering dan ulangi selama beberapa kali sampai bersih.
  • Pada bagian bunga es yang keras dan belum cair, usapkan sikat gigi yang lebih dulu di celupkan pada air panas. Gosokkan sikat gigi ke area tersebut hingga bersih dan bersihkan residu apa pun dengan kain microfiber.
  • Bersihkan bagian dalam freezer Anda dengan kain microfiber bersih, pastikan Anda tidak meninggalkan cairan apa pun.
  • Pasang kembali freezer dengan suhu semestinya. Masukkan kembali makanan Anda.


Baca juga artikel terkait KULKAS atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight