Cara dan Manfaat Melakukan Defrag pada Komputer

Oleh: Irene Aprilya Meok - 12 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara melakukan defrag komputer atau membantu mengembalikan file-file ke tempatnya masing-masing.
tirto.id - Pengunaan laptop atau komputer dalam jangka waktu yang panjang, tidak akan terhindar dari permasalahan perangkat keras maupun lunak.

Permasalahan yang paling sering terjadi adalah performa laptop yang melambat. Hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya karena file-file yang ada di dalam laptop tidak diorganisir secara baik, untuk itu perlunya defrag laptop anda.

Dilansir dari Store.hp.com, defrag adalah pengelompokkan file berdasarkan jenis yang sama dan disimpan di tempat yang sama.

Selama penggunaan laptop, pasti banyak file yang sudah tersebar di banyak bagian hardisk. File-file ini sudah tercampur aduk sendiri memakan banyak ruang daripada seharusnya.

Defrag akan membantu mengembalikan file-file ke tempatnya masing-masing. Tempat yang dimaksud bukan merapikan ke dalam folder, tetapi kembali ke lokasi file dalam sektor hardisk.

Manfaat yang akan didapatkan detelah melakuan proses defrag adalah memberikan banyak ruang di hard drive. Selain itu PC juga menjadi lebih stabil dan secara keseluruhan bekerja secara optimal.

Walau memiliki manfaat yang baik, tidak semua perangkat perlu didefrag, hanya PC dengan HDD yang perlu melakukan proses ini, sementara Mac tidak perlu karena menggunakan OS.

Pada PC, defrag adalah salah satu cara yang paling aman dan sederhana untuk merawat hard drive dan memastikan PC bekerja secara optimal.

Jika ingin mendefrag PC, terlebih dahulu lihat versi windows apa yang digunakan oleh PC. Windows yang lebih lama akan merujuk defraging sebagai "Disk Defragmenter". Sementara versi windows terbaru, merujuk proses defrag sebagai "Optimize disk".

Dilansir dari Avast.com, berikut cara defrag PC windows 10, 8 dan 7:

Cara defrag PC windows 10 dan windows 8

- Klik "Start" di sudut kiri bawah layar dan ketik kata "defrag" pada pencarian

- Setelah pencarian selesai, klik "Defragment and Optimize Drives" dan pilih drive yang ingin didefrag.

- Klik "Optimize". Dalam proses ini, PC akan menganalisis tingkat fragmentasi disk dan meluncurkan proses defragmentasi. Proses ini akan memakan waktu beberapa jam. Selama proses berlangsung, pastikan untuk tidak melakukan banyak pekerjaan pada PC.

Cara defrag PC windows 7

- Klik "Start" di sudut kiri bawah layar dan ketik kata "defrag" pada pencarian

- Kemudian akan muncul dua pilihan program "Disk Defragmenter" dan "defrag". Klik "Disk defragmenter".

- Selanjutnya akan muncul dua pilihan "Analyze disk" dan "Defragment disk", pilih "Defragment disk" untuk memulai proses defragmentasi. Jika ini adalah kali pertama proses defrag untuk PC, proses ini akan memakan waktu yang lama, bisa sampai beberapa jam. Biarkan PC dan jangan menggunakannya sambil proses ini berjalan.


Baca juga artikel terkait DEFRAG KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Irene Aprilya Meok
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Irene Aprilya Meok
Penulis: Irene Aprilya Meok
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight