Cara Daftar dan Keuntungan Jadi Mitra Bukalapak

Oleh: Ibnu Azis - 20 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Anggota Mitra Bukalapak memiliki tiga keuntungan, yakni transaksi mudah dan aman, harga modal murah, serta pengiriman cepat.
tirto.id - Mitra Bukalapak, salah satu program marketplace Bukalapak, memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui usaha sampingan. Cara daftar Mitra Bukalapak tak susah dan keuntungan sebagai mitra pun berlimpah.

Sebagai mitra, siapa saja dapat berjualan produk atau jasa yang ada di Bukalapak. Tak perlu dipusingkan berapa biaya yang diperlukan, karena menjadi anggota program ini tidak membutuhkan modal apa pun. Lantas, siapa yang dapat menjadi Mitra Bukalapak?

"Semuanya bisa [jadi Mitra Bukalapak], apakah itu perorangan, warung kelontong, toko-toko grosir di pasar, apotek, salon, dan para pemilik usaha lainnya," penjelasan laman Bukalapak dikutip Rabu (20/2/2019).

Sebagai anggota Mitra Bukalapak, mereka memiliki tiga keuntungan, yakni transaksi mudah dan aman, harga modal murah, serta pengiriman cepat.

Mudah dan aman lantaran proses jual-beli dapat dilakukan di mana saja, menggunakan aplikasi di perangkat bergerak. Karena harga modal murah, maka keuntungan dapat lebih besar. Pengiriman cepat lantaran langsung dikirim sehari sampai dan gratis ongkos kirim.

"Menjadi mitra dapat jual semua produk yang ada di Bukalapak. Mulai dari pulsa dan paket data, tiket kereta dan pesawat, hingga ke pembayaran tagihan BPJS, PDAM, dan zakat profesi," tulis Bukalapak.

Berikut ini cara mendaftar jadi Mitra Bukalapak seturut penjelasan FAQ Bukalapak.

  1. Download dan instal aplikasi Mitra Bukalapak di toko aplikasi Android, Google Play Store
  2. Buka aplikasi Mitra Bukalapak, lalu klik tombol Mulai
  3. Tap tombol Daftar, lalu isikan data-data yang diminta, seperti nomor telepon, password, nama lengkap, jenis kelamin, username, kode referral (tidak wajib diisi), centang opsi "Apakah Kamu memiliki Usaha?" (Ya atau Tidak), kemudian tap Daftar
  4. Aplikasi Mitra Bukalapak akan mengirimkan kode otentifikasi melalui SMS dan isikan ke kotak yang tersedia
  5. Selesai

Kendati telah terdaftar, untuk dapat menggunakan semua fitur termasuk memulai transaksi, anggota Mitra Bukalapak wajib melakukan verifikasi. Tahapan ini membutuhkan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto diri. Caranya, tap tombol Verifikasi yang muncul di laman depan aplikasi Mitra Bukalapak setelah login.

Bukalapak juga mengimbau agar Mitra Bukalapak memasang banner apabila sudah menjadi anggota sebagai tanda bahwa mitra resmi. Sehingga, pembeli pun tidak ragu untuk melakukan transaksi.

"Selain mendapatkan komisi, ada keuntungan lain [terutama bagi pemilik toko atau warung] jika bergabung sebagai Mitra Bukalapak. Salah satunya dapat belanja grosir online untuk barang dagangan. Kenapa belanja grosir? Karena jauh lebih murah," tulis Bukalapak.


Baca juga artikel terkait BUKALAPAK atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH