Cara Cetak Kartu Pendaftaran CPNS 2021 di SSCASN & Cek Lokasi Tes

Oleh: Yuda Prinada - 29 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut cara mencetak kartu pendaftaran CPNS 2021 di SSCASN dan cara cek lokasi tes.
tirto.id - Masa pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 sudah ditutup pada 26 Juli 2021. Para peserta yang telah mendaftar akan mendapatkan kartu ujian berbentuk elektronik yang dapat dicetak sebagai bukti bahwa dirinya terdaftar menjadi peserta seleksi CPNS tahun 2021.

Dalam mengikuti seluruh rangkaian seleksi CPNS 2021 di situs resmi Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), kartu pendaftaran menjadi salah satu syarat penting yang mesti dimiliki peserta. Untuk mencetak kartu tersebut, pendaftar cukup melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Masuk ke halaman situs resmi pendaftaran, yaitu https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login.
  2. Lakukan “Login” dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password yang dibuat peserta pada saat pertama kali mendaftar di situs SSCASN.
  3. Setelah itu, peserta akan dibawa ke halaman akunnya.
  4. Klik “Cetak Kartu Informasi Akun”.
  5. Kini, peserta sudah memiliki kartu pendaftaran tersebut dalam bentuk kertas.

Perlu diperhatikan, peserta yang ingin mencetak kartu pendaftaran CPNS 2021 ternyata juga mesti mengecek ulang isi informasi dalam berkas elektronik tersebut. Jika terdapat ketidaksesuaian isi dengan data yang peserta miliki, pendaftar harus “menghapus riwayat pelacakan, cache, dan cookies”, lalu memuat ulang laman (istilahnya reload page).


Jika kartu yang sudah dicetak oleh peserta hilang karena suatu kondisi tertentu, pendaftar bisa mencetak ulang kartu pendaftaran yang sama dengan langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya (sama seperti cara mencetak kartu pendaftaran pertama kali).


Cara Cek Lokasi Tes CPNS 2021

Setelah pendaftaran dan masa “Seleksi Administrasi” diselenggarakan oleh sistem SSCASN, pendaftar akan mengikuti tahap berikutnya berupa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pada ujian yang berbasis Computer Assisted Test (CAT) ini peserta akan ditempatkan di lokasi yang ditetapkan sistem situs tersebut.

Terdapat beberapa urutan cara yang dapat dilakukan oleh pendaftar untuk mengetahui lokasi tes CPNS tahun 2021. Berikut ini cara cek lokasi tesnya:

  1. Masuk ke halaman situs resmi SSCASN;
  2. “Login” dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password yang telah dibuat oleh peserta CPNS;
  3. Anda akan dibawa ke halaman akun;
  4. Cari pilihan resume pendaftaran;
  5. Di bagian tersebut terdapat lokasi tes peserta yang telah diatur sistem.


Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight