Cara Cepat Mencegah dan Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 4 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Gunakan tabir surya dengan SPF 30 hingga 50 untuk menghindari timbulnya flek hitam di wajah.
tirto.id - Paparan sinar matahari bisa menyebabkan timbulnya flak hitam ataupun bintik hitam di wajah. Flek hitam terbentuk dari kelompok sel kulit yang mengandung pigmen melanin.

Tidak ada yang dilahirkan dengan bintik-bintik, meskipun sebagian bintik hitam mungkin terjadi karena genetik. Namun sebagian besar dipicu oleh paparan sinar matahari. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya flek hitam di wajah,

Cara mencegah flek hitam

1. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 hingga 50 khususnya bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan.
Anda harus mengenakan tabir surya sepanjang hari, bahkan ketika cuaca mendung. Oleskan tabir surya untuk kulit setidaknya 15 menit sebelum pergi keluar.
Oleskan kembali tabir surya setiap dua jam, dan segera setelah berenang atau berkeringat berlebihan.

2. Hindari aktivitas di luar ruangan antara jam 10 pagi hingga 4 sore, karena paparan sinar UV masih sangat tinggi.

3. Jika terpaksa beraktivitas di luar ruangan antara jam 10 hingga 4 sore maka gunakanlah pelindung seperti topi, pakaian lengan panjang, dan penutup lainnya.

Jika Anda memiliki bintik atau flek dan ingin menghilangkannya, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan,

Cara menghilangkan flak hitam

1. Perawatan laser

Perawatan laser bisa dilakukan pada kulit yang rusak. Ada berbagai jenis laser. Menurut sebuah studi tahun 2015, seperti dilansir Healthline laser 1064 Q-Switched Nd YAG efektif untuk mengobati bintik atau flek hitam. Hasil studi menunjukkan perawatan dengan laser ini meringankan lebih dari 50 persen flek hitam di 62 persen pasien.

Perawatan laser umumnya aman. Risiko jaringan parut rendah. Namun, efek samping lain dapat terjadi, termasuk:

-gatal
-pembengkakan
-kemerahan
-mengupas
-infeksi
-perubahan warna kulit

Jika Anda memiliki riwayat herpes oral, Anda mungkin perlu minum obat antivirus sebelum menjalani perawatan laser. Itu karena laser dapat merangsang penyebaran herpes di sekitar mulut Anda.

Selain itu penyedia layanan kesehatan Anda mungkin akan meresepkan obat atau krim lain sebelum prosedur laser. Mereka juga dapat merekomendasikan menghindari obat atau produk tertentu sebelum prosedur laser.

Sebelum melakukan prosedur laser, Anda juga harus memberi tahu dokter tentang obat atau krim apa pun yang Anda gunakan.

Diperlukan waktu hingga dua minggu untuk pulih dari perawatan laser. Beberapa sesi biasanya diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

2. Cryosurgery

Cryosurgery menggunakan pendingin ekstrem dalam bentuk nitrogen cair untuk membekukan dan menghancurkan sel-sel kulit abnormal. Cryosurgery umumnya aman, dan tidak memerlukan anestesi dan sedikit waktu pemulihan. Beberapa efek samping potensial adalah hipopigmentasi, perdarahan, dan lepuh. Cryosurgery jarang menyebabkan jaringan parut.

3. Krim fading topikal

Krim ini juga disebut krim pemutih, tersedia bebas di pasaran maupun dengan resep dokter. Banyak krim yang mengandung hydroquinone, bahan yang dianggap menekan produksi melanin dan meringankan area kulit yang gelap.

Krim hidrokuinon topikal dapat menyebabkan:

-peradangan
-kulit kering
-kulit terbakar
-perubahan warna kulit

Pada tahun 1982, Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA) menganggap produk pemutihan yang mengandung hidrokuinon dua persen umumnya aman dan efektif.

Pada 2006, bukti baru, Source Trrust, mengindikasikan hidrokuinon dapat menyebabkan kanker pada tikus dan menyebabkan penggelapan dan disfigurasi kulit. Ini mendorong FDA agar ada studi lebih lanjut soal hidrokuinon di bawah National Toxicology Programme (NTP). Meski begitu, FDA merekomendasikan produk hidrokuinon tetap ada di pasaran sampai penelitian NTP selesai.

4. Krim retinoid topikal

Krim retinoid adalah senyawa vitamin A. Ini digunakan untuk memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari dan meringankan flek hitam. Menurut Sumber 2014 review Trusted, retinoid dapat menawarkan proteksi fotopo dengan menyerap radiasi ultraviolet B. Ini dapat membantu mencegah terbentuknya flek baru.

Krim retinoid tersedia dengan atau tanpa resep. Efek samping yang umum adalah:

-kemerahan
-kulit kering
-iritasi kulit
-kulit mengupas

Cara alami hilangkan flek hitam

Ada beberapa solusi alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam. Tidak ada yang terbukti secara ilmiah. Namun, sebagian besar kemungkinan tidak akan membahayakan bila digunakan dalam jumlah sedang. Obat alami ini meliputi,

*Jus lemon,
Oleskan jus lemon langsung ke kulit Anda dengan bola kapas, lalu cuci bersih. Jus lemon juga dianggap mencerahkan kulit.

*Madu
Campurkan madu dengan garam atau gula untuk membuat scrub. Madu dapat membantu meringankan pigmentasi.

*Buttermilk
Oleskan buttermilk langsung ke kulit Anda. Anda harus membiarkannya selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Anda juga bisa membuat masker dengan menggabungkan buttermilk dengan oatmeal. Buttermilk memiliki asam laktat, yang berpotensi membantu meringankan flek hitam

*Krim asam
Oleskan krim asam langsung ke kulit Anda, dan kemudian cuci setelah beberapa menit. Seperti halnya buttermilk, krim asam mengandung asam laktat.

*Yogurt
Oleskan yogurt langsung ke kulit Anda dan biarkan selama beberapa menit. Yoghurt juga mengandung asam laktat.

*Bawang
Gosok bawang di kulit Anda, lalu bilas kulit Anda dengan air hangat. Bawang dapat bertindak sebagai eksfoliasi dan dapat membantu meringankan flek hitam.

Namun, jika Anda mengalami iritasi akibat maka hentikan penggunaan.







Baca juga artikel terkait FLEK HITAM atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight