Cara Cek Update Covid-19 di Jakarta, Jabar dan Jateng

Oleh: Yantina Debora - 4 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara cek update terkini terkait wabah virus corona atau Covid-19 di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.
tirto.id - Untuk mengetahui jumlah pasien COVID-19 di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, kita bisa cek pusat informasi penyebaran kasus corona di wilayah masing-masing.

Dalam pusat informasi penyebaran kasus COVID-19 tersebut, ada yang menyediakan dalam bentuk peta dan ada yang hanya berupa data angka pasien corona.

Cek Data Covid-19 di Jakarta


Cara mengecek penyebaran atau jumlah pasien Covid-19 di Jakarta bisa dengan membuka portal corona.jakarta.go.id.


Selain data dalam bentuk angka, pusat data Covid-19 Jakarta juga menyediakan peta penyebaran kasus corona di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Selain menyediakan data seputar kasus coronavirus di Jakarta, pusat data Pemprov DKI juga menyediakan data kasus terkonfirmasi Covid-19 secara nasional.

Cek Data Covid-19 di Jabar


Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengembangkan pusat data khusus terkait wabah virus corona Covid-19 yakni Pusat Informasi Dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (PIKOBAR).

Cara mengecek update penyebaran Covid-19 di wilayah Jawa Barat yakni dengan membuka portal pikobar.jabarprov.go.id. Dalam pusat data tersebut, terdapat data soal jumlah pasien positif corona di Jawa Barat.

Cek Data Covid-19 di Jateng


Pemprov Jawa Tengah juga menyediakan pusat data agar memudahkan masyarakat memantau penyebaran COvid-19 di wilayah Jawa Tengah.

Masyarakat bisa cek di corona.jatengprov.go.id. Sama seperti pusat data corona di Jakarta dan Jawa Barat, pusat data corona di Jawa Tengah juga menyedaikan data pasien yang positif corona.

Data di setiap pusat informasi baik di Jakarta, Jawa Barat dan juga Jawa Tengah akan terus di-update setiap hari nya. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan, menjauhi kerumanan hingga bekerja di rumah.

Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa disingkat Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis coronavirus. Penderita Covid-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernafas.

Orang yang terinfeksi memiliki gejala ringan seperti demam, batuk, dan kesulitan bernafas. Gejala dapat berkembang menjadi pneumonia berat.

Jika mengalami gejala mirip Covis-19, seegra hubungi nomor layanan Jateng Tanggap COVID-19 di 024-3580713.

Untuk wilayah Jawa Barat bisa menghuungi call center 119 atau Dinkes Jabar 08112093306.

Warga Jakarta bisa menghubungi Layanan Jakarta Tanggap COVID-19 di nomor 112 atau 081388376955.



Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight