Vaksinasi Corona 1-17 Agustus

Cara Cek Lokasi Vaksin Terdekat Jakarta: Vaksinasi Merdeka Agustus

Oleh: Addi M Idhom - 30 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Titik Lokasi Vaksinasi Merdeka di Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, serta Jakarta Pusat bisa dicek di vaksinasimerdeka.id.
tirto.id - Lokasi pelaksanaan Vaksinasi Merdeka pada tanggal 1-17 Agustus 2021 sudah bisa dicek di laman vaksinasimerdeka.id. Melalui laman ini, warga ibu kota yang berminat mengikuti vaksinasi Covid-19 massal tersebut bisa mengetahui ratusan titik 'lokasi vaksin' di Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat.

Vaksinasi Merdeka merupakan program penyuntikan vaksin Covid-19 secara gratis, dengan lokasi di 900 RW Jakarta, yang diinisiasi oleh Polda Metro Jaya bersama sejumlah pihak. Pelaksanaannya menjadi bagian dari acara menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76.

Dalam penyelenggaraan Vaksinasi Merdeka, Polda Metro Jaya melibatkan ribuan relawan, baik dari kalangan tenaga kesehatan (nakes) maupun non-nakes.

"Kami mengajak mahasiswa, ada tenaga kesehatan, non-nakes juga ada, kemudian dari organisasi masyarakat, serta persatuan dokter dan perawat. Semuanya kami ajak," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat mendatangi salah satu titik uji coba Vaksinasi Merdeka, yakni di SDN 01 Klender, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur pada 28 Juli lalu.

"Dalam pelaksanaannya [Vaksinasi Merdeka], tidak ada unsur struktural yang terlibat. Puskesmas atau Dokkes dari Polri tidak kami libatkan. Semuanya dari masyarakat, agar gerakan vaksinasi ini datang dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat," kata Fadil seperti dilansir laman Humas Polri.


Fadil menambahkan, dengan pelaksanaan program Vaksinasi Merdeka, diharapkan semua warga di DKI Jakarta dengan usia 12 tahun ke atas sudah menerima suntikan vaksin Covid-19, tepat ketika hari peringatan HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2021.


Cara Cek Lokasi Vaksinasi Merdeka di Jakarta

Pendaftaran untuk menjadi peserta vaksinasi merdeka di Jakarta bisa dilakukan lewat laman resmi yang sudah disediakan, yakni vaksinasimerdeka.id.

Di laman itu, tersedia menu DAFTAR VAKSIN yang bisa diakses untuk pendaftaran menjadi peserta Vaksinasi Merdeka. Sayangnya, hingga Jumat pagi (30/7/2021), menu tersebut belum diaktifkan.


Meskipun demikian, sesuai informasi di FAQ Vaksinasi Merdeka, masyarakat yang ingin mengikuti program penyuntikan vaksin Covid-19 itu bisa mendaftar langsung dengan mendatangi lokasinya.

"Bagaimana cara mandaftar vaksinasi? Anda dapat datang secara langsung ke titik vaksin terdekat dari lokasi anda," demikian keterangan di FAQ situs Vaksinasi Merdeka.

Ada banyak titik lokasi Vaksinasi Merdeka yang tersebar di 900 RW DKI Jakarta. Jadwal vaksinasi di ratusan titik tersebut pada tanggal 1-17 Agustus 2021, selama pukul 08.00-15.00 WIB.

Untuk mengetahui lokasi Vaksinasi Merdeka di 900 RW DKI Jakarta, masyarakat dapat mengakses datanya dengan klik "Cek Lokasi" di menu "Lihat Peta Vaksinasi" di vaksinasimerdeka.id. Data yang sama bisa diperiksa di link ini.

Data lokasi vaksinasi disediakan dalam bentuk spread sheet berisi alamat lokasi Vaksinasi Merdeka di setiap keluarahan dan RW di DKI Jakarta.

Dokumen yang sama pun memuat nama-nama relawan yang berperan sebagai vaksinator, petugas lainnya (screening, observasi, pelaporan, registrasi) dan aparat kepolisian yang jadi koordinator di setiap lokasi.

Berdasarkan data di situs vaksinasimerdeka.id, sebanyak 1.431 tenaga kesehatan telah bergabung sebagai relawan Vaksinasi Merdeka. Sementara relawan non-nakes yang telah tergabung mencapai 2.694 orang.

Adapun syarat untuk menjadi peserta vaksinasi Merdeka adalah:

-Berusia Minimal 12 tahun (tidak ada maksimal);
-Membawa KTP (KTP luar DKI Jakarta juga boleh);
-Membawa fotokopi KK, untuk usia di bawah 17 tahun.

Warga Jakarta yang memiliki KTP setempat maupun luar ibu kota bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 di lokasi program Vaksinasi Merdeka.

Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Addi M Idhom
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight