Cara Cek IP Address di Laptop dan Komputer Windows XP hingga MacOS

Oleh: Ega Krisnawati - 8 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Cek IP Address di laptop dan komputer yang menggunakan Windows 7, Windows Vista hingga MacOS.
tirto.id - Internet Protokol yang lebih dikenal dengan IP merupakan rangkaian angka, yang dipisahkan oleh titik, dan dapat mengidentifikasikan komputer, perangkat internet, ataupun jaringan lokalnya. Biasanya alamat IP untuk mengakses internet, namun begitu sering kali pengguna tidak diwajibkan untuk mengetahui alamat IPnya.

Akan tetapi, pada situasi tertentu pengguna perlu mengetahui alamat komputernya, baik untuk mengonfigurasi perangkat lunak jaringan ataupun sebagai solusi jika terdapat kendala pada internet.

Sementara itu, menurut Dave Johnson pada tulisannya di Bussines Insider alamat IP dibagi menjadi dua jenis. Alamat IP yang pertama, disebut dengan alamat IP internal atau IP lokal. Sedangkan yang kedua, disebut dengan IP eksternal atau IP publik.

Seringkali pengguna hanya perlu mengetahui IP lokal. Oleh karenanya, apabila terdapat kendala untuk internet ataupun konfigurasi perangkat lunak jaringan dan tidak disebutkan jenis alamat IP yang diminita, asumsikanlah IP yang dibutuhkan adalah IP lokal.

Cara untuk menemukan alamat IP lokal sangatlah mudah. Kabar baiknya, cara ini dapat digunakan pada versi Windows apa pun. Situs resmi TP Link, memberikan rekomendasi cara mendapatkan alamat IP mulai dari Windows XP hingga Mac.

1. Windows XP

- Langkah pertama klik start, lalu control panel. Kemudian, pilih jaringan dan koneksi internet (Jika tidak dapat menemukan jaringan silahkan lajutkan langkah ini).

- Langkah kedua, sorot dan klik kanan ikon local area connection. Kemudian, klik status dan buka support.

- Selesai, alamat IP akan ditampilkan.

Jika komputer terkoneksi dengan jaringan wireless, silahkan klik wireless network connection.

2. Windows 7

- Langkah pertama klik start, lalu control panel. Kemudian pilih network and internet. Selanjutnya pilih network and sharing center.

- Langkah kedua pada daftar tugas (task list), kemudian klik change adaptor settings. Sorot dan klik kanan ikon local area connection. Lalu klik status and go to details.

- Selesai, alamat IP akan ditampilkan.

Jika komputer terkoneksi dengan jaringan wireless, silahkan klik wireless network connection.

3. Windows Vista

- Langkah pertama klik start, lalu control panel. Kemudian pilih network and internet. Selanjutnya pilih network and sharing center.

- Langkah kedua pada daftar tugas (task list), kemudian klik manage network connections. Sorot dan klik kanan ikon local area connection. Lalu klik status and go to details.

- Selesai, alamat IP akan ditampilkan.

Sama halnya dengan Windows XP dan Windows 7, jika komputer terkoneksi dengan jaringan wireless silahkan klik wireless network connection.

4. Windows 8

- Langkah pertama, pergi ke control panel. Kemudian tekan kunci Windows dan F pada keyboard sehingga kolom pencarian akan muncul. Lalu masukan panel control, dan tekan enter.

Selanjutnya, tekan kunci Windows dan R pada keyboard sehingga akan muncul kolom run. Kemudian, masukan control panel dan tekan enter. Lalu tekan Windows dan X pada keyboard, dan pilih control panel. Selain itu, pengguna dapat pula memasukan control panel di bar pencarian pada sisi kanan layar.

- Langkah kedua, klik network and internet. Kemudian klik network and sharing center dan pilih change adapter settings di sisi kiri layar.

- Langkah ketiga, sorot dan klik kanan enthernet, pergi ke status dan details.

- Selesai, alamat IP akan ditampilkan.

Jika komputer pengguna terhubung dengan jaringan wireless, silahkan klik ikon Wi-Fi.

5. Windows 10

- Langkah pertama, pergi ke control panel. Tekan tombol Windows dan X pada keyboard dan pilih control panel di waktu yang bersamaan.

- Langkah kedua, pilih network dan internet, kemudian pilih network dan sharing center. Lalu klik change adaptor settings di sisi kiri layar.

- Langkah ketiga, sorot dan klik kanan di enthernal, pergi ke status kemudian details.

- Selesai, alamat IP akan ditampilkan.

Terdapat pula metode kedua, yakni klik ikon network di task tray. Kemudian, pergi ke network settings. Lalu klik ethernet, dan change adaptor options ataupun klik status kemudian klik change adaptor options. Selanjutnya, sorot dan klik kanan ethernet, pergi ke status dan details. Selesai, alamat IP akan ditampilkan.

6. Mac OS

- Langkah pertama, klik ikon Apple. Dari daftar drop down Apple pilih System Preferences.

- Langkah kedua, klik ikon network.

- Pada kolom kiri, pilih ethernet atau Wi-Fi

- Selesai, alamat IP akan langsung terdaftar, dengan cetakan yang lebih kecil.


Baca juga artikel terkait IP ADDRESS atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yantina Debora
DarkLight