Cara Cek ID Pelanggan PLN untuk Login & Klaim Token Listrik Gratis

Oleh: Yulaika Ramadhani - 7 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui ID pelanggan PLN, baik secara manual maupun online.
tirto.id - Pelanggan PLN sudah dapat mengklaim token listrik gratis mulai dari 7 Januari 2021 dengan mengakses website PLN, WhatsApp PLN dan PLN Mobile.

Cara mengklaim token listrik gratis dari PLN dapat melalui www.pln.co.id, WA, dan PLN mobile yang mana harus memasukkan ID pelanggan PLN.

ID pelanggan PLN adalah nomor yang digunakan untuk mengetahui tagihan listrik yang harus dibayar tiap bulannya atau jumlah token yang tersisa.

Bagaimana cara mengecek ID pelanggan PLN? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui ID pelanggan, baik secara manual maupun online. Berikut caranya sebagaimana dikutip LinkAja.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Online

Bila kamu ingin yang lebih praktis bisa lakukan cara mengetahui ID Pelanggan PLN online berikut ini.

Website Resmi PLN
Cara mengetahui ID pelanggan PLN online yang pertama bisa melalui website resmi milik PLN di https://portal.pln.co.id/. Untuk mengetahui ID PLN, kamu perlu tahu nama pemilik rekening listrik yang ingin dicari tahu nomor ID pelanggannya. Bisa jadi kan kamu membantu saudara atau teman untuk mengecek ID PLN mereka.

Bila sudah mengetahui namanya, masukkan nama tersebut. Bila informasinya sudah muncul, kamu sebaiknya cocokkan dulu data yang ada apakah sesuai atau tidak. Bila sudah sesuai, kamu bisa menulis nomor ID PLN yang muncul di data tersebut.

Akses Lewat Aplikasi PLN
Satu lagi cara mengetahui ID pelanggan PLN online bisa dilakukan melalui aplikasi PLN. Jika belum memilikinya kamu bisa mengunduhnya terlebih dulu di App Store untuk pengguna iOS. Sementara untuk pengguna Android bisa diunduh di Play Store. Di aplikasi PLN kamu bisa melihat informasi terkait listrik yang digunakan, seperti jumlah pemakaian listrik, nama pemilik rekening, nomor ID pelanggan, dan biaya tagihan listrik.

Cara Mengecek ID Pelanggan PLN Manual

Terdapat beberapa cara mengetahui ID Pelanggan PLN manual yang bisa dilakukan, antara lain:

Lihat Pada Struk PLN
Cara mengetahui ID pelanggan PLN manual yang pertama adalah dengan melihat dari struk pembayaran yang diperoleh setelah membayar tagihan listrik. Pada struk pembayaran tersebut biasanya terdapat nomor ID pelanggan listrik kamu.

Lewat Meteran PLN
Selanjutnya cara mengetahui ID Pelanggan PLN manual yang juga bisa dilakukan adalah dengan melihat di meteran listrik yang ada di rumah kamu. Coba periksa barcode dalam meteran tersebut. Biasanya di bawah barcode tertera 11 hingga 12 digit angka yang menjadi ID pelanggan PLN.

Dari Struk Pembayaran e-Commerce
Sekarang kamu juga bisa membayar listrik melalui beberapa e-Commerce. Bila sudah melakukan melakukan pembayaran melalui e-Commerce yang bekerjasama dengan PLN, kamu biasanya akan memperoleh struk bukti pembayaran listrik yang dilampirkan secara online melalui email pribadi. Di dalam struk tersebut, tertera nomor ID listrik kamu.


Untuk mengklaim token listrik gratis dan diskon 50 persen ini pada 7 Januari 2021, Anda bisa menggunakan tiga cara di bawah ini.

Token listrik stimulus Covid-19 melalui website

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.
3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Klaim token listrik gratis melalui WhatsApp

1. Buka Aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul.
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Klaim token listrik gratis melalui PLN Mobile

1. Buka Aplikasi PLN Mobile.
2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
4. Token gratis akan muncul.
5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.


Bantuan keringanan biaya listrik ini diberikan kepada pelanggan PLN kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA.

Dikutip dari rilis PLN yang diterima Tirto, token listrik gratis dan subsidi diskon 50 persen ini bakal diberikan pada Januari hingga hingga bulan Maret 2021.


Baca juga artikel terkait TOKEN LISTRIK PLN atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight