Cara Cek Bansos 2021 DKI Jakarta, Jabar, Jateng Pakai KTP dan KK

Kontributor: Abdul Hadi - 29 Sep 2021 13:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara cek bansos di DKI Jakarta, Jateng, Jabar pakai KTP dan KK.
tirto.id - Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat prasejahtera yang terdampak Covid-19. Warga Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jabar), dan Jawa Timur (Jatim) dapat mengecek status penerima bansos ini di situs web dinas sosial provinsi masing-masing.

Pengecekan status penerima bansos ini dapat dilakukan menggunakan nomor Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bantuan dari Kemensos ini setidaknya terdiri dari tiga bantuan yaitu melalui Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako/Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai.

Untuk program PKH sendiri, jadwalnya akan dicairkan dalam empat periode setahun. Pencairan pertama dilakukan pada Januari, April, Juli, dan Oktober.

Kemudian, bansos tunai diberikan kepada warga prasejahtera yang tidak terdaftar dalam program PKH dan BPNT. Bantuan tunai ini diberikan setiap bulan sebanyak Rp300 ribu.

Bansos yang disalurkan kepada masyarakat ini merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang anggarannya dinaikkan dari Rp699 triliun hingga sekitar Rp744 triliun. Harapannya, pemberian bansos ini dapat meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Sebelum memberikan bansos, Kemensos akan mendata kelayakan warga penerima bantuan tersebut. Cara mendaftar untuk memperoleh bansos dapat dilihat di sini.

Cara Cek Bansos DKI Jakarta


Berikut cara mengecek bansos tunai untuk warga Jakarta.
  1. Masuk ke halaman https://corona.jakarta.go.id/
  2. Klik "Bantuan Sosial" > "Informasi Bansos".
  3. Masukkan nomor KK Anda.
  4. Klik "Cari"
Setelah mengetahui status bansos tersebut, penerima dapat mengajukan pencairan. Dana bansos akan dikirim melalui transfer rekening atau ATM Bank DKI. Bansos tunai ini diberikan dalam bentuk transfer sebesar Rp300 ribu setiap bulannya.

Cara Cek Bansos Jateng


Berikut ini cara untuk mengecek bansos untuk masyarakat Jawa Tengah.
  1. Akses https://caribdt.dinsos.jatengprov.go.id/public/dashboard/
  2. Pengecekan pencarian bansos ini bisa dilakukan dengan memasukkan NIK.
  3. Selain itu, pengecekan dapat dilakukan dengan memasukkan nomor KK untuk penerima PKH, KIS/PBI (BPJS), KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan BSP (Bantuan Sosial Pangan).
  4. Tekan kirim.
  5. Jika terdaftar sebagai penerima bansos, akan muncul keterangan terdaftar ''Data Tersedia' sebagai penerima bansos disertai dengan nama penerima dan sejumlah bantuan lainnya yang diterima.


Cara Cek Bansos Jabar


Berikut ini cara untuk mengecek bansos untuk masyarakat Jabar.
  1. Masuk ke halaman https://bansos.pikobar.jabarprov.go.id/
  2. Pengecekan pencarian bansos ini bisa dilakukan dengan memasukkan NIK.
  3. Selain itu, pengecekan dapat dilakukan dengan memasukkan nomor KK bagi warga Jabar.
  4. Tekan cari.
  5. Jika terdaftar sebagai penerima bansos, akan muncul keterangan terdaftar ''Data Tersedia' sebagai penerima bansos disertai dengan nama penerima dan sejumlah bantuan lainnya yang diterima.

Cara Cek Bansos Jatim


Berbeda dari daerah-daerah lainnya, sistem pengecekan bansos di Jatim ini hanya menyediakan cara pengecekan dengan KK, tidak bisa dengan NIK.

Berikut ini cara untuk mengecek bansos untuk masyarakat Jatim.
  1. Masuk ke halaman https://radarbansos.jatimprov.go.id/
  2. Klik "Cek Nomor KK Anda".
  3. Masukkan nomor KK.
  4. Ketikkan captcha atau kode yang muncul untuk verifikasi.
  5. Tekan "Cek Nomor KK Anda"
  6. Jika terdaftar sebagai penerima bansos, akan muncul keterangan terdaftar ''Data Tersedia' sebagai penerima bansos disertai dengan nama penerima dan sejumlah bantuan lainnya yang diterima.


Baca juga artikel terkait BANSOS 2021 atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight