Cara Cek Akreditasi PTN & Jurusan di BAN-PT untuk Calon Mahasiswa

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum, tirto.id - 29 Jan 2022 12:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara mengecek akreditasi kampus negeri dan swasta serta jurusannya di BAN-PT.
tirto.id - Bulan Desember hingga Januari menjadi waktu yang dapat dikatakan sebagai masa transisi bagi para siswa yang dukuk di bangku menengah atas (SMA/SMK) yang ingin memasuki dunia perguruan tinggi.

Pasalnya, mulai penghujung hingga awal tahun, proses pendaftaran menuju dunia perkuliahan sudah ramai dibuka.

Beragam proses seleksi dan pendaftaran disuguhkan kepada calon mahasiswa mulai dari seleksi akademik hingga seleksi mandiri tertulis, yang diberikan oleh perguruan tinggi negeri ataupun swasta.

Sebelum menentukan pilihan, banyak pertimbangan yang tentunya perlu dilakukan dan dipersiapkan oleh calon mahasiswa.

Mulai dari kesiapan akademik, individu, hingga bekal informasi mengenai perguruan tinggi yang perlu dibawa oleh para calon mahasiswa.

Informasi tentang dunia perguruan tinggi yang mendasar dan seringkali dijadikan bahan pertimbangan oleh para calon mahasiswa yakni mengecek status akreditasi, baik akreditasi universitas ataupun akreditasi fakultas tujuannya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (PERMENDIKBUD) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, akreditasi menurut Pasal 1, merupakan kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Proses penilaian ini dilakukan oleh Badan Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk akreditasi Perguruan Tinggi, sedangkan akreditasi Program Studi dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri.

Penilaian atau akreditasi terhadap Perguruan Tinggi maupun Program Studi suatu universitas dilakukan sebagai sistem penjaminan mutu eksternal sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi.

Proses akreditasi biasanya dilakukan 5 tahun sekali. Proses ini harus selalu dilakukan oleh suatu instansi perguruan tinggi untuk memperbarui masa tenggatnya karena apabila tidak diperbarui, maka status akreditasi akan dinayatakan kedaluwarsa.


Cara Mengecek Status Akreditasi PTN



Pengecekan status akreditasi universitas atau fakultas tujuan dapat dilakukan dengan mengakses laman resmi milik Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui laman https://www.banpt.or.id/.

Pengecekan status akreditasi dapat dilakukan dengan cara:

- Buka sItus resmi BAN-PT

- Arahkan kursor pada menu Data Akreditasi

- Tetap arahkan kursor pada menu tersebut dan pilih akreditasi sesuai kebutuhan (Akreditasi Institusi, Akreditasi Program Studi maupun informasi lain sesuai kebutuhan)

- Kemudian isi kolom Perguruan Tinggi dengan nama perguruan tinggi yang ingin diketahui.

- Informasi peringkat akreditasi akan muncil ketika nama perguruan tinggi sudah di input.

- Lakukan hal yang sama untuk mengetahui status akreditasi program studi dengan mengganti menu

Program Studi pada rubrik Data Akreditasi lalu masukkan nama Universitas dan Program Studi tujuan.

Status akreditasi yang disajikan pada laman resmi BAN-PT tidak hanya tersedia untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) saja, namun juga untuk seluruh Institut Perguruan Tinggi lainnya.

Informasi yang disajikan pada laman tersebut juga sangat detail mulai dari nama perguruan tinggi, peringkat, nomor Surat Keputusan, tahun dikeluarkan Surat Keputusan, hingga Tanggal dan Status Kedaluwarsa di mana informasi itu yang dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh para calon mahasiswa dalam menentukan pilihannya di dunia perguruan tinggi.


Baca juga artikel terkait CARA CEK AKREDITASI KAMPUS atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight