Cara Cegah Penyebaran Virus Corona COVID-19: Selalu Cuci Tangan

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 2 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
Selalu mencuci tangan adalah cara efektif mencegah penyebaran virus corona. Berikut ini cara pencegahan COVID-19 lainnya untuk melindungi diri dan keluarga.
tirto.id - Cara pencegahan COVID-19 menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) adalah langkah-langkah perlindungan untuk semua orang terhadap virus corona.

Sebagian besar orang yang terinfeksi virus corona COVID-19 mengalami penyakit ringan dan bisa sembuh, tetapi bisa lebih parah bagi orang lain.

Cara Pencegahan COVID-19


Hal yang terpenting untuk mencegah penyebaran virus ini adalah menjaga kesehatan dan melindungi orang lain dengan melakukan hal berikut:


1. Bersihkan tangan secara teratur dan menyeluruh dengan cairan berbasis alkohol atau cuci tangan dengan sabun dan air.

Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol bisa membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

2. Pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) antara Anda dan siapa saja yang batuk atau bersin.

Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil (droplet) dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus corona COVID-19 jika orang tersebut positif COVID-19.

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut. Tangan menyentuh banyak permukaan dan virus corona bisa menempel di sana. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.

4. Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar menjaga kebersihan pernapasan, yaitu dengan menutup mulut dan hidung dengan siku atau bagian lain yang tertekuk saat Anda batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas.

Cairan dari pernapasan atau droplets bisa menyebarkan virus. Dengan mencegah cairan itu menyebar, Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus seperti flu dan COVID-19.

5. Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat. Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi mereka terlebih dahulu. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda.

Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda. Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

6. Baca perkembangan terbaru tentang COVID-19. Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan, otoritas kesehatan publik nasional dan lokal tahu tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19.

Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang apakah COVID-19 menyebar di daerah Anda. Otoritas lokal akan memberi arahan tentang apa yang harus dilakukan orang di daerah Anda untuk melindungi diri mereka sendiri.

Bepergian Era Pandemi


Bagi Anda yang pernah berkunjung ke negara dengan virus corona COVID-19, selain perlu mengikuti 6 panduan di atas, Anda juga perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Tetap di rumah jika Anda mulai merasa tidak sehat, bahkan dengan gejala ringan seperti sakit kepala dan hidung meler.

Menghindari kontak dengan orang lain dan mengunjungi fasilitas medis akan memungkinkan fasilitas ini beroperasi lebih efektif dan membantu melindungi Anda dan orang lain dari kemungkinan COVID-19 dan virus lainnya.

2. Jika Anda mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera kunjungi fasilitas medis karena ini mungkin disebabkan oleh infeksi pernapasan atau kondisi serius lainnya. Hubungi fasilitas medis sebelum dan beri tahu penyedia Anda tentang perjalanan atau kontak terbaru dengan pelancong.

Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Ini juga akan membantu mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19 dan virus lainnya.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight