Cara Budidaya Pepaya California, Kandungan dan Manfaatnya

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 25 Jan 2023 16:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Cara membudidayakan pepaya california, manfaat, dan apa saja kandungan nutrisinya?
tirto.id - Salah satu jenis tanaman yang tidak kenal dapat berbuah sepanjang tahun adalah pepaya california. Buah bernama ilmiah Carica papaya L ini dapat hidup di daerah tropis dan subtropis.

Indonesia menjadi negara penghasil utama pepaya ke-3 di seluruh dunia setelah India dan Brazil, menurut data Agricultural and Processed Food Products Export Development Authority (APEDA) tahun 2014.

Pepaya california, atau disebut pula pepaya callina, terbentuk dari hasil pemuliaan dari pusat kajian tropika Institut Pertanian Bogor (IPB).


Dengan demikian, pepaya ini merupakan buah asli Indonesia. Keunggulan yang dimilikinya dibanding pepaya jenis lainnya yaitu memiliki pohon tidak terlalui tinggi, usia berbuah pendek, rasa lebih manis, lebih tahan lama, dan proses panen lebih cepat.

Di samping itu, nilai kandungan gizi pepaya california cukup tinggi. Akumulasi kandungan kimia di dalamnya optimal setelah buah berusia 130 hari sejak berbunga atau pada tingkat kematangan 70 persen. Ciri fisik telah matang yatu memiliki kulit luar yang dominan berkelir jingga.


Kandungan Nutrisi Pepaya California


Pepaya california kaya dengan aneka nutrisi seperti halnya pepaya pada umumnya. Pepaya memiliki fitokimia, makro-nutrisi, hingga mikro-nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kebaikan tubuh.

Antioksidan dalam pepaya ditemukan dalam bentuk karotenoid seperti likopen. Likopen juga ditemukan dalam kadar tinggi pada tomat. Antioksidan memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya stres oksidatif pada sel sehingga terhindari dari berbagai penyakit seperti kanker atau tumor.

Pepaya yang difermentasi turut membantu orang-orang yang mengalami keadaan pradiabetes, penyakit liver, dan hipotiroid level sedang.

Sementara itu, antioksidan dikaitkan pula dengan kesehatan mental dan mencegah penyakit Alzheimer.

Mengutip Healthline, nutrisi lain yang dimiliki pepaya meliputi karbohidrat, vitamin, serat, hingga mineral. Berikut perkiraan jenis dan nilai nutrisi dari pepaya berukuran 152 gram:

- Kalori: 59
- Karbohidrat: 15 grams
- Serat: 3 grams
- Protein: 1 gram
- Vitamin C: 157% dari asupan harian yang direkomendasikan
- Vitamin A: 33% dari asupan harian yang direkomendasikan
- Folat (vitamin B9): 14% dari asupan harian yang direkomendasikan
- Potasium: 11% dari asupan harian yang direkomendasikan
- Ditemukan pula calcium, magnesium and vitamins B1, B3, B5, E and K.

Syarat tumbuh dan cara budidaya pepaya california


Pepaya california dapat tumbuh baik pada iklim tropis dengan ketinggian hingga 1000 meter di atas permukaan laut.

Tanaman ini memerlukan cahaya dan panas matahari secara rutin. Kondisi kelembaban udara tinggi cukup disukai tanaman tersebut, dengan suhu optimum 22-26 derajat celcius.

Mengutip laman UMY, unsur cahaya, panas matahari, dan kelembaban udara tinggi apabila tidak dipenuhi maka pertumbuhannya cenderung terhambat. Tanaman bisa berubah sifatnya menjadi steril, karpeloid, dan hasil buahnya tidak berkualitas.

Umumnya, pepaya california berbuah dalam 9-11 bulan setelah ditanam. Dalam satu tanaman bisa menghasilkan hingga lebih dari 40 buah pepaya per tahun. Usia produktifnya mencapai 3 tahun.

Budidaya tanaman pepaya california bisa dipilih dengan cara menanam benih (biji), atau menggunakan bibitnya. Penanaman dengan benih bisa langsung dimasukkan pada lubang tanam sebanyak 2-3 benih per lubangnya.

Lahan penanamannya memakai bedengan dengan lebar 1-1,5 meter, tinggi 30-40 meter, dan jarak antar bedengan sekira 1 meter. Setiap bedengan diberi lubang tanam dengan jarak masing-masing sekira 2,5-2,75 meter.

Menurut laman Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Kotabumi, jika penanaman menggunakan bibit maka pemindahannya dari polibag dilakukan setelah tanaman berusia 1-1,5 bulan. Bibit dipindahkan pada lubang tanam dengan satu lubang diberikan 2 bibit bersamaan. Penanaman sebaiknya dilakukan sore hari.

Pupuk yang digunakan dalam pemeliharaan berupa abu bekas bakaran kayuper lubang tanam saat proses pengolahan tanah.

Setelah ditanam dapat diberikan pupuk NPK 12-15-15 sebanyak 100 kg per hektar untuk satu musim tanam. Lalu, pupuk abu bakaran kayu diulang pemberiannya setiap 3 bulan sekali per tanaman.

Jikad ditemukan gulma di sekitar tanaman maka perlu disingkirkan. Lakukan pembumbunan setelah menyiangi gulma agar batang yang tinggi tidak gampang rebah.

Saat usia tanaman mencapai 8-9 bulan, umumnya buah pepaya california mulai tampak untuk panen pertama. Buah dapat dipanen ketika muncul semburat kuning kemerahan sekira 25 persen di kulit bagian ujung.


Baca juga artikel terkait CARA BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight