Cara Buat Kartu Ucapan Selamat Hari Anak Nasional dengan Canva

Penulis: Ibnu Azis, tirto.id - 22 Jul 2022 10:15 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Cara bikin kartu ucapan selamat Hari Anak Nasional di perangkat Android dan iOS dengan aplikasi Canva.
tirto.id - Hari Anak Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 23 Juli. Bertepatan dengan momen itu, orang-orang biasanya berbagi kartu ucapan Hari Anak Nasional untuk sekadar memberi selamat atau memotivasi.

Ucapan itu umumnya dikirim melalui media sosial dan aplikasi perpesanan, dari orangtua ke anaknya, atau kepada teman dan keluarganya. Cara bikin ucapan Hari Anak Nasional pun tak sulit dan langsung bisa dilakukan di smartphone Android maupun iOS.

Cara Buat Kartu Ucapan Selamat Hari Anak Nasional


Namun, untuk melakukan itu membutuhkan bantuan sebuah aplikasi khusus terkait desain, salah satunya Canva. Berikut tahapan cara bikin ucapan selamat Hari Anak Nasional menggunakan aplikasi Canva:


  1. Download aplikasi Canva di Google Play Store atau App Store dan instal bagi yang belum memilikinya
  2. Buka aplikasi Canva kemudian login: pakai akun Google, Facebook, atau menggunakan email
  3. Di laman utama aplikasi Canva, pilih menu Card
  4. Di laman berikutnya, pilih menu GreetingCard
  5. Di laman selanjutnya, pilih salah satu template kartu ucapan yang tersedia. Sebagai informasi, ada beberapa kartu template yang berbayar. Pilih kartu template tersemat label Free bila ingin yang gratis
  6. Berikutnya, template kartu bisa diedit atau dikustomisasi sesuai keinginan. Di sini, silakan tulis teks isi kartu ucapan selamat Hari Anak Nasional sesuai kebutuhan. Pengguna juga bisa menambah gambar atau foto bila diinginkan
  7. Setelah proses kustomisasi selesai, ketuk ikon 'panah' di pokok kanan atas untuk menyimpan kartu ucapan ucapan selamat Hari Anak Nasional
  8. Untuk membagikannya ke media sosial termasuk WhatsApp, silakan memilih ikon-ikon yang tersedia setelah ketuk ikon 'panah' tadi

Canva merupakan aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mendesain kendati bukan seorang desainer. Canva juga bisa dimanfaatkan untuk membuat logo dan alat untuk penyunting video. Tujuannya, pengguna bisa mendesain di mana saja dan kapan saja.

Canva di Play Store merupakan aplikasi pilihan editor Google untuk kategori Seni & Desain. Aplikasi desain ini cukup populer dengan jumlah angka instalasi lebih dari 50 juta kali di Play Store. Canva memiliki kapasitas 'mentah' sebesar 22MB dan menawarkan pembelian item dalam aplikasi (in-app purchase).


Ucapan Selamat Hari Anak



Anda juga bisa mengikuti kampanye Hari Anak Nasional di media sosial atau memberikan ucapan Hari Anak.

Beberapa ucapan Hari Anak Nasional 2021 yang bisa Anda bagikan di media sosial adalah sebagai berikut, seperti dilansir Times of India dan WishesMsg.

1. A warm wishes for all the children worldwide on this special day. Happy Children’s Day!

2. Happy Children Day! May you grow up to be a better human being than us. Best wishes to you on this day!

3. Children are the flowers from heaven. Let’s make this world a safe and enjoyable place for our kids. Happy children’s day!

4. Happy Children’s Day to all my dear students. I feel blessed to serve the future of the nation.

5. Every child should grow with love and care. Let’s make the lives of the little one’s happy and healthy.

6. From a child we learn giggling, laughing and playing. Let us continue to celebrate the day of children. Happy children’s Day!


Tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional diperingati sesuai keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Sementara, di berbagai tempat di seluruh dunia, hari Anak diperingati pada tanggal yang berbeda-beda. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain. Perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.


Baca juga artikel terkait HARI ANAK NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
Penyelaras: Yulaika Ramadhani
DarkLight