Cara Buat Akun Prakerja 2022: Gunakan Fitur Job Search Prakerja

Kontributor: Anne Anisa - 6 Jan 2022 11:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Situs www.prakerja.go.id sudah dibuka kembali. Bagaimana cara membuat akun prakerja? Berikut selengkapnya.
tirto.id - Kartu prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja. Jika berminat mengikuti program ini, Anda harus mempunyai akun terlebih dahulu.

Perlu diketahui, pembuatan akun di situs www.prakerja.go.id sudah dibuka kembali. Bagaimana cara membuat akun prakerja? Dilansir dari laman resmi Kartu Prakerja, caranya cukup mudah, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Buat Akun Prakerja 2022



Pertama, masuk ke situs www.prakerja.go.id. Kemudian, klik pilihan “Daftar Sekarang” yang ada di pojok kanan atas website. Selanjutnya, daftarkan akun Anda menggunakan email Anda yang masih aktif. Masukkan email dan password Anda, lalu klik “Daftar”.

Setelah itu, Anda akan menerima notifikasi via email yang didaftarkan. Langkah selanjutnya adalah membuka email Anda. Kemudian, lakukan verifikasi dengan cara mengklik tombol “Verifikasi Sekarang” pada email yang telah diterima. Pedaftaran berhasil dan akun Kartu Prakerja Anda telah dibuat.

Setelah akun Anda aktif, Anda dapat masuk ke akun Anda dengan mengklik “Masuk” pada halaman depan www.prakerja.go.id. Setelah itu, masukkan email dan password akun yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Lalu, klik “Masuk”.

Fitur Job Search Prakerja



Selain pembuatan akun, Anda juga dapat memanfaatkan fitur lainnya seperti Job Recommendation atau Job Search di situs www.prakerja.go.id. Ini akan memudahkan Anda menemukan pekerjaan impian. Fitur ini dapat diakses oleh seluruh pendaftar program Kartu Prakerja.

Untuk dapat menggunakan fitur tersebut caranya cukup mudah. Melansir dari laman resmi Kartu Prakerja, Anda hanya perlu mengunjungi laman resmi Kartu Pekerja (www.prakerja.go.id). Kemudian, login ke dashboard dan pilih “Info Pekerjaan”. Ketik judul pekerjaan di kolom pencaraian. Fitur ini membantu menyaring pekerjaan yang Anda idamkan.

Selanjutnya, pilih lokasi yang Anda inginkan untuk bekerja. Anda juga dapat menyaring pekerjaan dengan memasukkan pendidikan terakhir, industri pekerjaan sesuai keahlian, perkiraan gaji sesuai keinganan, dan jenis pekerjaannya (full time, paruh waktu, kontrak, atau magang).

Jika sudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi, Anda dapat langsung klik tombol di bagian bawah untuk melamar pekerjaan tersebut di situs job platform.

Saat ini, 22 gelombang program Kartu Prakerja sudah dibuka dan menuju pembukaan gelombang 23. Total penerima Kartu Prakerja ini mencapai lebih dari 11,4 juta orang lebih dari total email pendaftar yang register sebanyak 83 juta.

Dikutip dari artikel www.prakerja.go.id, Badan Pusat Statistik Indonesia menyebut bahwa program Kartu Prakerja semakin diketahui, dipahami, dan bermanfaat bagi angkatan kerja. 87 persen% peserta menganggap program ini meningkatkan keterampilan kerja merekaa setelah mengikuti pelatihan, 83% peserta menggunakan intensif untuk kebutuhan harian, dan 34% peserta menggunakan insentif ntuk modal usaha.

Adapun pelatihan-pelatihan yang diberikan dalam program Kartu Prakerja meliputi bidang teknologi informasi, penjualan dan pemasaran, gaya hidup, manajemen, perkantoran, makanan dan minuman, pertanian, dan topik-topik lainnya.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Anne Anisa
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Anne Anisa
Penulis: Anne Anisa
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight