Cara Blokir SMS Penipuan, Spam, dan Iklan di Hp Android

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 8 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Blokir SMS sudah menjadi salah satu fitur wajib di setiap aplikasi Message yang digunakan oleh ponsel Android dari brand terkemuka.
tirto.id - Pengguna ponsel fitur dan smartphone pasti pernah menerima SMS atau pesan yang tak diinginkan. Umumnya, pesan ini berisi iklan, spam, atau bahkan penipuan. Bagi pengguna perangkat Android, terdapat beberapa cara untuk memblokirnya.

Salah satu contoh SMS yang tak diinginkan, dapat berupa informasi pengumuman undian berhadiah. Ini seperti diutarakan Adi, salah satu karyawan swasta di Solo, yang menerima SMS jenis itu pada Kamis (7/3/2019) kemarin.

"Selamat! SIM CARD Anda terpilih menjadi pemenang dari pesta ISI ULANG MOBOINDOSAT. Pin JK25FGR untuk info silakan kunjungi: www.juaramobo.cf," isi SMS itu yang ditunjukkan kepada Tirto, Jumat (8/3/2019).

Pesan di atas diduga kuat adalah SMS penipuan, lantaran Indosat tidak pernah mengadakan undian di luar situs resmi termasuk mengirimkan pengumuman SMS pemenang kepada pelanggan dalam bentuk apa pun.

"PT Indosat Tbk. tidak pernah menyelenggarakan undian berhadiah melalui situs gratis atau situs berbayar lainnya diluar dari website resmi Indosat Ooredoo di www.indosatooredoo.com ataupun menayangkan acara pengundian hadiah di televisi swasta tertentu, ataupun mengirimkan SMS pemenang undian kepada pelanggan Indosat Ooredoo dalam bentuk apa pun," pernyataan Indosat di laman resminya dikutip Jumat (8/3/2019).

Tak hanya pesan terkait penipuan seperti yang diterima Adi, SMS spam yang berupa iklan juga cukup mengganggu. Iklan tersebut biasanya menawarkan layanan pinjaman online, layanan berlangganan SMS premium, layanan premium call, dan banyak lagi.

Adapun untuk menyingkirkan semua pesan penipuan dan spam dapat dilakukan dengan cara memblokirnya. Saat ini pemblokiran SMS sudah menjadi salah satu fitur wajib di setiap aplikasi Message yang digunakan oleh smartphone Android dari brand terkemuka. Berikut ini cara blokir SMS di ponsel Android.

Cara Blokir SMS di Android Message

  1. Buka aplikasi Android Message
  2. Tap dan tahan pada SMS spam atau penipuan
  3. Tap ikon Stop yang muncul pada sudut kanan atas untuk memblokir pesan dari nomor yang sudah dipilih

Cara Blokir SMS di Samsung Galaxy

  1. Buka aplikasi Samsung Message
  2. Tap pada percakapan atau SMS spam dan penipuan
  3. Pilih menu tiga titik yang ada di sudut kanan atas
  4. Pilih Block Numbers
  5. Konfirmasi dengan tap Ok

Cara Blokir SMS di MIUI (Xiaomi, Redmi, dan Pocophone)

  1. Buka aplikasi MIUI Message
  2. Buka SMS atau percakapan yang dianggap spam dan penipuan
  3. Tap nomor pengirim yang berada di bagian atas layar
  4. Tap Block
  5. Konfirmasi pemblokiran dengan tap OK
  6. Nomor berhasil diblokir

Cara Blokir SMS di Color OS (OPPO dan Realme)

  1. Buka aplikasi Message
  2. Tap di pesan spam atau penipuan
  3. Akan muncul kotak dialog, tap Add to Blacklist
  4. Konfirmasi dengan tap sekali lagi ke opsi Add to Blacklist
  5. Nomor telah terblokir

Pengguna ponsel Android diminta selalu waspada dan tidak mudah mempercayai kebenaran informasi yang diterima melalui pesan SMS. Pastikan kebenaran informasinya atau melaporkannya ke operator masing-masing bila ada upaya penipuan melalui costumer service.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight