Cara Blokir Akun Instagram yang Mengganggu dan Tahapan Langkahnya

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 9 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara blokir akun instagram 'pengganggu' dapat dilakukan dengan sejumlah langkah yang mudah dilakukan.
tirto.id - Tidak sedikit orang yang merasa terganggu dengan akun tidak dikenal di Instagram. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan seperti ini adalah dengan memblokir akun tidak dikenal tersebut.

Pada umumnya, rasa terganggu dapat muncul akibat aktivitas menguntit yang dilakukan akun anonim. Akun yang anonim juga bisa mengirim komentar atau direct message yang tidak pantas.

Meski sudah mengunci akun pribadi, akun ‘pengganggu’ dapat muncul begitu saja. Mengunci akun akan membuat orang-orang yang bukan merupakan followers atau pengikut tidak bisa mengetahui kegiatan apa saja yang Anda lakukan di jejaring sosial berbasis photo sharing tersebut.

Oleh karena, solusi lainnya untuk memblokir akun-akun 'pengganggu' itu. Mengutip dari laman resmi Instagram, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memblokir seseorang yang mengganggu:

1. Buka profil akun tersebut dengan mengetuk nama akun
2. Ketuk titik tiga di bagian pojok kanan atas
3. Ketuk blokir atau batalkan blokir
4. Ketuk blokir atau batalkan blokir lagi untuk mengonfirmasi

Akun Instagram yang Anda blokir tidak akan menerima notifikasi apa pun terkait pemblokiran tersebut. Ia tidak akan dapat mengakses akun Anda, mengirimkan komentar, ataupun mengirimkan pesan kepada Anda.

Namun, jika pemblokiran ini dirasa terlalu ekstrem untuk dilakukan, Anda dapat memblokir seseorang sehingga tidak dapat berkomentar pada setiap postingan yang Anda kirim. Akun ‘pengganggu’ yang diblokir dari komentar akan tetap dapat mengakses akun dan melihat postingan Anda.

Cara yang dapat dilakukan untuk memblokir akun agar hanya tidak dapat berkomentar di unggahan anda adalah sebagai berikut:

1. Buka profil akun pribadi
2. Klik pengaturan yang berada di pojok kanan atas layar
3. Ketuk privasi dan keamanan lalu pilih kontrol komentar
4. Ketuk blokir komentar dari lalu pilih akun yang ingin Anda block komentarnya dari setiap postingan Anda.

Untuk membuka blokirnya, lakukan cara yang sama dan ketuk ‘Batalkan Blokir’ di samping nama akun yang ingin Anda blokir.

Ketika memblokir akun orang, komentar dan suka yang Anda berikan pada setiap unggahan akun tersebut tidak hilang. Begitu juga sebaliknya, komentar dan suka dari akun yang diblokir masih tetap berada di postingan Anda.

Jika Anda ingin menghilangkannya, hapus komentar dengan cara tahan dengan lama bagian komentarnya lalu ketuk ikon kotak sampah pada pojok kanan atas layar.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight